PERAN USTAZ ABDULLAH SAID DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH GUNUNG TEMBAK, BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR (1973-1998)

Zahrah Zakiyah Zubair R.P., NIM: 15120041 (2019) PERAN USTAZ ABDULLAH SAID DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH GUNUNG TEMBAK, BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR (1973-1998). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN USTAZ ABDULLAH SAID DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH GUNUNG TEMBAK, BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR (1973-1998))
15120041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN USTAZ ABDULLAH SAID DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH GUNUNG TEMBAK, BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR (1973-1998))
15120041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ustaz Abdullah Said merupakan tokoh Islam yang memiliki peran dalam dunia pendidikan dan dakwah di Indonesia. Ia merupakan pendiri Pondok Pesantren Hidayatullah di Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pesantren ini didirikan tahun 1973 dan tetap eksis hingga era kontemporer ini. Perkembangan pondok tersebut tidak terlepas dari peran Ustaz Abdullah Said yang terkenal karismatik di kalangan santri dan kenalannya. Ustaz Abdullah Said banyak mencetuskan ide, mencari relasi dan menentukan arah kebijakan untuk eksistensi Pondok Pesantren Hidayatullah. Oleh karena itu, penting untuk diteliti terutama terkait biografi dan peran Ustaz Abdullah Said dalam perkembangan Pondok Pesantren Hidayatullah di Gunung Tembak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didasarkan pada pendekatan biografi dan sosiologi serta teori peranan sosial dari Erving Goffman. Dua pendekatan pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis berbagai peristiwa dengan melihat catatan riwayat hidup Ustaz Abdullah Said dan melihat gambaran lingkungan sosialnya. Teori peranan sosial dalam penelitian ini digunakan untuk melihat aktivitas Ustaz Abdullah Said sebagai pendiri dan pemimpin yang memiliki peran bagi berkembangnya Pondok Pesantren Hidayatullah. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah bahwa Ustaz Abdullah Said memiliki peran sentral dalam perkembangan Pondok Pesantren Hidayatullah. Ia memulai perintisan Pesantren Hidayatullah dengan mengadakan pengajian rutin dan lembaga kursus hingga menjadi lembaga pendidikan formal. Kemudian ia menerapkan kurikulum berbasis kisah Nabi saw. dan ayat Al-Qur’an untuk proses pendidikan dan pembinaan santri di pesantrennya. Pada masanya, Pesantren Hidayatullah berhasil melakukan ekspansi ke berbagai wilayah hingga berdiri ratusan cabang di Indonesia dan membentuk lembaga pendidikan khusus bagi anak-anak yatim piatu dan terlantar. Ia juga mencetuskan program pernikahan massal yang kini menjadi tradisi di pesantren tersebut. Selain itu, ia juga melakukan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pemerintah untuk memperkuat eksistensi Pondok Pesantren Hidayatullah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Wildan, M.A.
Uncontrolled Keywords: Peran, Ustaz Abdullah Said, Pondok Pesantren Hidayatullah
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Nov 2019 09:34
Last Modified: 18 Nov 2019 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35080

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum