MITIGASI BENCANA BANJIR MELALUI PERATURAN DESA NOMOR 02 TAHUN 2015 TENTANG PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS SUNGAI BANGO DI DESA CEBOLEK KIDUL MARGOYOSO PATI)

Sholahuddin, NIM. 13250021 (2019) MITIGASI BENCANA BANJIR MELALUI PERATURAN DESA NOMOR 02 TAHUN 2015 TENTANG PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS SUNGAI BANGO DI DESA CEBOLEK KIDUL MARGOYOSO PATI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MITIGASI BENCANA BANJIR MELALUI PERATURAN DESA NOMOR 02 TAHUN 2015 TENTANG PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS SUNGAI BANGO DI DESA CEBOLEK KIDUL MARGOYOSO PATI))
13250021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MITIGASI BENCANA BANJIR MELALUI PERATURAN DESA NOMOR 02 TAHUN 2015 TENTANG PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS SUNGAI BANGO DI DESA CEBOLEK KIDUL MARGOYOSO PATI))
13250021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

SHOLAHUDDIN. Mitigasi Bencana Banjir Melalui Peraturan Desa Nomor 02 Tahun 2015 Tentang Pelestarian Lingkungan Hidup (Studi Kasus Sungai Bango di Desa Cebolek Kidul Margoyso Pati Jawa Tengah). Skripsi, Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap mitigasi bencana banjir yang dilakukan oleh pemerintahan desa Cebolek Kidul melalui peraturan desa. peraturan desa dibuat dikarenakan sungai Bango yang banyak sampahnya dan memiliki air yang sudah bercampur dengan limbah dari pabrik-pabrik. Sehingga peneliti tertarik untuk meninjau dan menganalisis mengenai sungai Bango, dan peraturan desa yang dibuat oleh pemerintah desa Cebolek Kidul mengenai pelestarian lingkungan hidup yang diterapkan pada tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Desa Cebolek Kidul Margoyoso Pati Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan analisis data: reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan validasi data dengan cara Trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pemerintah desa Cebolek Kidul mensosialisasikan peraturan desa ke berbagai aspek kegiatan masyarakat diantarnya kumpulan PKK, kumpul RT, dangdutan, pengajian, memasang papan pengumuman, dll. Peraturan desa di awasi oleh pemerintah dengan mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dan melaporkan kejadian yang melanggar peraturan desa. Dalam melakukan mitigasi, pemerintah desa menggunakan mitigasi struktural dan non struktural. Mitigasi struktural, pemerintah desa melakukan pembersihkan sungai Bango, membangun tanggul, membuat pagar pembatas untuk menghentikan sampah dari hulu sungai, memperbaiki selokan-selokan warga. Kepala desa akan mendirikan bank sampah untuk meningkatkan kepedulian. Sedangkan mitigasi non struktural, pemerintah menindak tegas pelanggar sesuai dengan peraturan desa yang berlaku, pelaku akan dikenai sanksi berupa denda Rp. 1.000.000. Pabrik hanya memberikan kompensasi kerugian akibat limbah yang diberikan kepada Desa Cebolek Kidul sebesar Rp. 4.000.000 setahun sekali.sedangkan, Keterlibatan pemerintah Kabupaten, Provinsi, dan Pusat juga kurang dalam penanganan limbah pabrik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Izzul Haq, S.Sos., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Mitigasi Bencana, Peraturan Desa, Lingkungan Hidup
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jan 2020 14:44
Last Modified: 08 Jan 2020 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum