DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA BERPENDIDIKAN RENDAH TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK (Studi Kasus di Dusun Karang, Planjan, Saptosari Gunungkidul)

DWI SILVI SA’DIYAH, NIM 15250018 (2019) DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA BERPENDIDIKAN RENDAH TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK (Studi Kasus di Dusun Karang, Planjan, Saptosari Gunungkidul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA BERPENDIDIKAN RENDAH TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK (Studi Kasus di Dusun Karang, Planjan, Saptosari Gunungkidul))
15250081_BAB-I_BAB-TERAKHIR_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA BERPENDIDIKAN RENDAH TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK (Studi Kasus di Dusun Karang, Planjan, Saptosari Gunungkidul))
15250018_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK DWI SILVI SA’DIYAH. Dampak Pola Asuh Orangtua Berpendidikan Rendah Terhadap Kepribadian Aanak. Skripsi. Yogyakarta: Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Pola asuh orangtua sangat penting untuk menuntun tumbuh kembang anak. Terutama dalam membentuk kepribadian anak. Karena pola asuh orangtua ini akan menentukan kualitas dari anak tersebut. Jika orangtua mampu menerapkan pola asuh yang tepat untuk anaknya, maka yang dihasilkan anak akan menjadi seorang pribadi yang berkualitas. Tetapi jika orangtua salah dalam pengasuhan kepada anak, maka yang berdampak kepada anak akan mengalami banyak hambatan dalam tumbuh kembangnya anak. Dalam penelitian ini akan menjelaskan tentang dampak pola asuh orangtua berpendidikan rendah terhadap kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orangtua berpendidikan rendah dan mengetahui dampak pola asuh orangtua tersebut terhadap kepribadian anak di Dusun Karang, Planjan, Saptosari Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan teori pola asuh dan kepribadian serta penelitian lapangan dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian ini adalah dua keluarga yang berada di Dusun Karang, Planjan, Saptosari, Gunungkidul. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana pola asuh orangtua berpendidikan rendah di Dusun Karang, Planjan, Saptosari, Gunungkidul dan bagaimana dampak pola asuh orangtua tersebut terhadap kepribadian anak di Dusun Karang, Planjan, Saptosari, Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih data yang diperlukan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh orangtua berpendidikan rendah yang diterapkan kepada anak antara bapak dan ibu berbeda yaitu bapak menerapkan pola asuh otoriter dan permisif sedangkan ibunya menerapkan pola asuh situasional dan dampak pola asuh orangtua berpendidikan rendah di Dusun Karang, berdampak pada kepribadian anak dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Anak memiliki tipe keprbadian ekstravers dan introvers, pemindahan objek dan fiksasi, koleris dan melankolis. Menjadikan anak bingung ketika bertindak karena antara bapak dan ibunya pola asuh yang diterapkan berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abidah Muflihati, S.Th.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orangtua Berpendidikan Rendah, Kepribadian Anak.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Jan 2020 14:10
Last Modified: 10 Jan 2020 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum