PELAYANAN SOSIAL BAGI ANAK KORBAN TINDAK PIDANA DI PUSAT LAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK INTEGRATIF (PLKSAI) KLATEN

Umni Khusniati Rofiqoh, NIM 15250052 (2019) PELAYANAN SOSIAL BAGI ANAK KORBAN TINDAK PIDANA DI PUSAT LAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK INTEGRATIF (PLKSAI) KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAYANAN SOSIAL BAGI ANAK KORBAN TINDAK PIDANA DI PUSAT LAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK INTEGRATIF (PLKSAI) KLATEN)
15250052_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PELAYANAN SOSIAL BAGI ANAK KORBAN TINDAK PIDANA DI PUSAT LAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK INTEGRATIF (PLKSAI) KLATEN)
15250052_BAB II_S.D._SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pelayanan Sosial Bagi Anak Korban Tindak Pidana di Pusat Layanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PLKSAI) Klaten”. Fenomena anak korban tindak pidana terus terjadi dan jumlahnya semakin meningkat. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan mengingat bahwa anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dilindungi. Pusat Layanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PLKSAI) Klaten merupakan salah satu lembaga sosial yang menangani anak korban tindak pidana. Hal ini kemudian mengundang minat penulis untuk mengkaji mengenai bagaimana pelayanan sosial bagi anak korban tindak pidana di PLKSAI Klaten. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya tinjauan tentang pelayanan sosial, tinjauan tentang manajemen kasus dan tinjauan tentang anak korban tindak pidana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstruktur, observasi dan telaah dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan hingga keabsahan data. Hasil penelitian ini menjelaskan mengenai pelayanan sosial bagi anak korban tindak pidana di PLKSAI Klaten terdiri dari 2 (dua) bentuk pelayanan yaitu pertama, pelayanan sosial intervensi dini anak korban tindak pidana berupa pemberian informasi dan pengetahuan kepada masyarakat melalui sosialisasi serta penambahan kapasitas sumber daya manusia. Kedua, pelayanan sosial respon kasus anak korban tindak pidana yaitu melalui tahap engagement, asesmen, perencanaan intervensi, pelaksanaan intervensi, evaluasi dan terminasi. Hambatan dalam pelayanan sosial bagi anak korban tindak pidana di PLKSAI Klaten yaitu minimnya sumber daya manusia yang tersedia dan kurangnya koordinasi dengan stakeholder terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andayani, S.IP, MSW
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Sosial, Anak, Korban Tindak Pidana
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jan 2020 09:25
Last Modified: 15 Jan 2020 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum