HUBUNGAN KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN MINAT BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2016 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

HASAN IBADIN, NIM : 15410060 (2019) HUBUNGAN KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN MINAT BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2016 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN MINAT BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2016 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
15410060_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN MINAT BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2016 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
15410060_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

HASAN IBADIN. Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini yaitu: seharunya mahasiswa sebagai individu yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi, akan memiliki minat belajar yang tinggi terhadap bidang perkuliahan yang diminatinya. Akan tetapi karena mahasiswa jurusan PAI berlatar belakang dari asal sekolah yang berbeda baik dari MAN, SMK, maupun SMA, maka menimbulkan minat belajar mahasiswa jurusan PAI yang fluktuatif bahkan rendah. Peran konsep diri akademik sangat diperlukan dalam menumbuhkan minat belajar mahasiswa sebagai penunjang taraf belajar, meningkatkan kemampuan akademik dan motivasi berprestasi mahasiswa. Sehingga ketika mahasiswa lulus dari PAI akan menjadi Sarjana Pendidikan Islam yang berakhlak mulia dan memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, kepemimpinan, dan profesional dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan minat belajar mahasiswa di Jurusan PAI angkatan 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, (2) untuk mendeskripsikan konsep diri akademik yang dimiliki mahasiswa jurusan PAI angkatan 2016 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan (3) menguji secara empiris hubungan konsep diri akademik dengan minat belajar mahasiswa di jurusan PAI angkatan 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa jurusan PAI angkatan 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebanyak 91 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling kuota. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5% sehingga berdasarkan rumus Slovin jumlah sampelnya sebanyak 74 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan teknik skala, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data meliputi analisis deskriptif korelasi product moment.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tingkat minat belajar mahasiswa di Jurusan PAI angkatan 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta secara umum tinggi, yaitu 77%. (2) tingkat konsep diri akademik yang dimiliki mahasiswa jurusan PAI angkatan 2016 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta secara umum tinggi, yaitu 89% (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri akademik dengan minat belajar mahasiswa Jurusan PAI angkatan 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, (rxy = 0,717 dan p = 0,000 (one-tailed), p < 0,05) artinya semakin tinggi tingkat konsep diri akademik yang dimiliki oleh mahasiswa, maka semakin tinggi pula minat belajarnya. Sebaliknya jika tingkat konsep diri akademik mahasiswa semakin rendah, maka semakin rendah pula minat belajar yang dimiliki oleh mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S. Psi, MA
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri Akademik, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Jan 2020 14:28
Last Modified: 24 Jan 2020 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35156

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum