EFEKTIVITAS METODE AS-SAHL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI KAMPUS TAMAN LANSIA PONPES AL-JADID FISABILILLAH, YOGYAKARTA

ROHMATTULLOH, NIM. 15410175 (2019) EFEKTIVITAS METODE AS-SAHL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI KAMPUS TAMAN LANSIA PONPES AL-JADID FISABILILLAH, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE AS-SAHL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI KAMPUS TAMAN LANSIA PONPES AL-JADID FISABILILLAH, YOGYAKARTA)
15410175_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE AS-SAHL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI KAMPUS TAMAN LANSIA PONPES AL-JADID FISABILILLAH, YOGYAKARTA)
15410175_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ROHMATTULLOH. Efektivitas Metode As-Sahl dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran di Kampus Taman Lansia Ponpes Al-Jadῐd Fῐsabῐlillâh, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dari penelitian ini adalah sebagian besar umat Islam masih ada yang buta huruf Alquran dan belum mampu membaca Alquran dengan baik dan benar terutama di kalangan lanjut usia. Di Kampus Taman Lansia Pondok Pesantren Al-Jadῐd Fῐsabῐlillâh sebagai salah satu pondok pesantren yang merupakan wadah bagi orang-orang yang sudah lanjut usia dan menginginkan belajar ilmu Agama salah satunya dalam bidang Ilmu Alquran. Dengan adanya pembelajaran Alquran diharapkan mampu membentuk kebiasaan santri membaca Alquran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari serta untuk mencari kebahagiaan di akhirat kelak dan menuju akhir yang baik yaitu husnul khatimah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas metode As-Sahl dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran di Kampus Taman Lansia Pondok Pesantren Al-Jadῐd Fῐsabῐlillâh, Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah semua santri Pondok Pesantren Al- Jadῐd Fῐsabῐlillâh sebanyak 46 santri. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen tes menggunakan analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis setelah dilakukan uji validitas sebanyak 21 soal dikatakan valid, dengan nilai r hitung > r tabel (0,361). Uji persyaratan analisis meliputi ujinormalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh metode As- Sahl dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran, hal ini terbukti dari hasil skor rata-rata dari pre-test dan post-test kelompok eksperimen yang meningkat sebesar 3,21. Hal ini juga diperkuat dengan hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh (sig.) sebesar 0.000 < 0,05. (2) Berdasarkan uji Independent Sample T-Test pada tabel koefisien diperoleh (sig. 2 tailed) sebesar 0,040 < 0,05, yang menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kemampuan membaca Alquran kelompok eksperimen (metode As- Sahl) dan kelompok kontrol (metode Talaqqi). Secara perhitungan statistik dengan df=44, setelah dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan harga t hitung > t tabel yaitu 2,117 > 2,015. Dengan demikian hipotesis alternatif menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen (metode As-Sahl) dan kelompok kontrol (metode Talaqqi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode As-Sahl, Kemampuan Membaca Alquran.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Jan 2020 14:08
Last Modified: 29 Jan 2020 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum