BIMBINGAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAQUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA ISLAMIC CENTER AL-MUHTADIN SETURAN DEPOK SLEMAN

Notonagoro Sabdo Gusti, NIM 15220030 (2019) BIMBINGAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAQUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA ISLAMIC CENTER AL-MUHTADIN SETURAN DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAQUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA ISLAMIC CENTER AL-MUHTADIN SETURAN DEPOK SLEMAN)
15220030_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAQUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA ISLAMIC CENTER AL-MUHTADIN SETURAN DEPOK SLEMAN)
15220030_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

NOTONAGORO SABDO GUSTI, Bimbingan Islam dalam Meningkatkan Akhlakqul Karimah Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Islamic Center Al-Muhtadin Seturan Depok Sleman. Prodi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Latar belakang penelitian ini adalah melihat kebanyakan fenomena kalangan Mahasiswa saat ini sangatlah memprihatinkan. Mahasiswa Merusak moral dengan pemikiran liberal, alkohol, narkotika, prostitusi maupun hal lain yang negatif, meskipun itu tidak terjadi pada semua mahasiswa. Artinya harus adanya kontroling baik dari luar maupun dalam. Kontroling tersebut dapat berupa bimbingan keislaman yang diterapkan oleh mahasiswa agar terbina kebaikan-kebaikan dalam dirinya dan terhindar dari hal-hal yang dapat merusak diri, bahkan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis bimbingan Islam yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Mahasiswa Islamic Center Al-Muhtadin Seturan Depok Sleman dalam meningkatkan Akhlaqul Karimah Santri. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat Deskriptif kualitatif. Cara pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, maupun observasi langsung ke lapangan. Dengan menafsirkan data yang berkenaan dengan fakta, keadaan, variabel, dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis bimbingan Islam yang diterapkan di Pondok Pesantren Mahasiswa Islamic Center Al-Muhtadin Seturan Depok Sleman adalah: Pertama, bimbingan ruhiah yaitu dzikir al-Ma’surat, puasa sunnah, tilawah Al-Qur’an, shalat rawatib, qiyamul lail, shalat fardhu di Masjid untuk lebih mendekatkan diri Santri kepada Allah. Kedua, bimbingan jasadiah yaitu bela diri untuk melatih fisik Santri. Ketiga, bimbingan fikriah yaitu kajian keislaman dan setoran hafalan untuk menambah pengetahuan Santri tentang keagamaan. Dari tiga jenis bimbingan Islam tersebut, maka dapat meningkatkan akhlaqul karmah Santri yaitu mampu menerima perbedaan orang lain dan lebih toleransi dengan sesama umat beragama, mampu berbaur dengan masyarakat sekitar terlihat dari keikutsertaan dalam kegiatan keagamaan maupun kegiatan sosial, dan keikutsertaan Santri dalam mengikuti kegiatan organisasi kampus hingga menjadi pengurus harian organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam, Santri, Akhlaqul Karimah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Jan 2020 14:58
Last Modified: 31 Jan 2020 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35174

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum