LAYANAN PSIKOSOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN PSIKIS MASYARAKAT DI WILAYAH RAWAN BENCANA DI PMI KOTA YOGYAKARTA

Dita Exnes Septiyana, NIM: 15220040 (2019) LAYANAN PSIKOSOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN PSIKIS MASYARAKAT DI WILAYAH RAWAN BENCANA DI PMI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN PSIKOSOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN PSIKIS MASYARAKAT DI WILAYAH RAWAN BENCANA DI PMI KOTA YOGYAKARTA)
15220040_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN PSIKOSOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN PSIKIS MASYARAKAT DI WILAYAH RAWAN BENCANA DI PMI KOTA YOGYAKARTA)
15220040_BAB_II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (851kB)

Abstract

DITA EXNES SEPTIYANA (15220040), Layanan Psikososial untuk Meningkatkan Kesiapan Psikis Masyarakat di Wilayah Rawan Bencana di PMI Kota Yogyakarta. Bimbingan Konseling Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitiah deskriptif-kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui strategi layanan psikososial yang digunakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta untuk meningkatkan kesiapan psikis masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana. Subjek penelitian ini yaitu Bapak Pambudi selaku pegawai bidang kebencanaan PMI Kota Yogyakarta, Bapak Setyo selaku staff bidang kesiapsiagaan bencana PMI Kabupaten Bantul, Nobelina Adicondro selaku relawan spesialisasi Psikososial Support Program PMI Kota Yogyakarta dan dua anggota Korps Suka Rela Unit VII UIN Sunan Kalijaga yang ikut dalam kegiatan tanggap darurat bencana. Objek penelitian ini adalah strategi layanan psikososial untuk meningkatkan kesiapan psikis masyarakat di wilayah rawan bencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi layanan psikososial yang meliputi pelaksanaan assesment, POA (Plan Of Action) dan Action yang di dalamnya terdapat kegiatan-kegiatan seperti PFA (Psychological First Aid), Ekspresi Kreatif, Sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan monitoring evaluasi dapat meningkatkan kesiapan psikis masyarakat di wilayah rawan bencana. Karena dengan bantuan dan pendampingan yang diberikan tim layanan psikososial pada praktiknya dapat membantu meringankan beban penyintas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Psikososial, Kesiapan Psikis
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Feb 2020 14:10
Last Modified: 05 Feb 2020 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum