KONSELING REHABILITASI DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI TUNANETRA DEWASA YANG MENGALAMI KERUSAKAN PENGLIHATAN SAAT DEWASA DI YAYASAN MITRA NETRA JAKARTA

Zeffa Yurihana, NIM 15220041 (2019) KONSELING REHABILITASI DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI TUNANETRA DEWASA YANG MENGALAMI KERUSAKAN PENGLIHATAN SAAT DEWASA DI YAYASAN MITRA NETRA JAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSELING REHABILITASI DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI TUNANETRA DEWASA YANG MENGALAMI KERUSAKAN PENGLIHATAN SAAT DEWASA DI YAYASAN MITRA NETRA JAKARTA)
15220041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSELING REHABILITASI DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI TUNANETRA DEWASA YANG MENGALAMI KERUSAKAN PENGLIHATAN SAAT DEWASA DI YAYASAN MITRA NETRA JAKARTA)
15220041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ZEFFA YURIHANA, 15220041, Konseling Rehabilitasi untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Tunanetra Dewasa yang Mengalami Kerusakan Penglihatan saat Dewasa di Yayasan Mitra Netra Jakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang masalah ini adalah ketidakmampuan atau menurunnya penerimaan diri tunanetra dewasa yang mengalami kerusakan penglihatan saat dewasa, sehingga menghambat bahkan menghancurkan kehidupan yang dijalaninya. Konseling rehabilitasi hadir untuk membantu para penyandang disabilitas terkhusus tunanetra di Yayasan Mitra Netra Jakarta. Yayasan Mitra Netra Jakarta mempunyai satu layanan konseling yaitu konseling rehabilitasi yang komperhensif, dan ditangani oleh konselor rehabilitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dan mendeskripsikan tahap-tahap konseling rehabilitasi dalam meningkatkan penerimaan diri tunanetra dewasa yang mengalami kerusakan penglihatan saat dewasa di Yayasan Mitra Netra Jakarta. Jenis penilitian yang dipilih peneliti adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap konseling rehabilitasi dalam meningkatkan penerimaan diri tunanetra dewasa yang mengalami kerusakan saat dewasa di Yayasan Mitra Netra terdiri atas: Assessment dan aprisal (pengukuran); Konseling keluarga; Diagnosis dan rencana treatment; Konseling karir atau vokasional, serta intervensi lingkungan kerja dan lingkungan belajar; Perspektif tentang kebutaan dalam religi; Rujukan dan koordinasi layanan; Intervensi konseling indiviual dan kelompok yang difokuskan untuk memfasilitasi penyesuaian diri klien pada dampak medis dan psikososial kecacatan; Memberikan layanan konsultasi kepada para pembuat kebijakan; Memberikan informasi tentang teknik rehabilitasi; Evaluasi program dan refleksi;

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: konseling rehabilitasi, penerimaan diri, tunanetra
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Feb 2020 14:35
Last Modified: 05 Feb 2020 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35181

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum