PERBANDINGAN FRAMING KEMANUSIAAN BERITA KEJADIAN LUAR BIASA (KLB) CAMPAK DAN GIZI BURUK DI KABUPATEN ASMAT PROVINSI PAPUA (Studi Pada Media Daring Tirto.id dengan Beritagar.id)

Rohmad Aditiya Utama, NIM 14210008 (2019) PERBANDINGAN FRAMING KEMANUSIAAN BERITA KEJADIAN LUAR BIASA (KLB) CAMPAK DAN GIZI BURUK DI KABUPATEN ASMAT PROVINSI PAPUA (Studi Pada Media Daring Tirto.id dengan Beritagar.id). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN FRAMING KEMANUSIAAN BERITA KEJADIAN LUAR BIASA (KLB) CAMPAK DAN GIZI BURUK DI KABUPATEN ASMAT PROVINSI PAPUA (Studi Pada Media Daring Tirto.id dengan Beritagar.id))
14210008_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN FRAMING KEMANUSIAAN BERITA KEJADIAN LUAR BIASA (KLB) CAMPAK DAN GIZI BURUK DI KABUPATEN ASMAT PROVINSI PAPUA (Studi Pada Media Daring Tirto.id dengan Beritagar.id))
14210008_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Rohmad Aditiya Utama, 14210008, Skripsi: Perbandingan Framing Kemanusiaan Berita Kejadian Luar Biasa (KLB) Campak dan Gizi Buruk di Kabupaten Asmat Provinsi Papua (Studi Pada Media Daring Tirto.id dengan Beritagar.id). Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Pada awal tahun 2018, sebagian penduduk kabupaten Asmat provinsi Papua dikabarkan terserang penyakit campak dan gizi buruk, fenomena ini terjadi sejak September 2017. Keadaan semakin memburuk hingga Januari 2018, kejadian ini kemudian ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh pemerintah Indonesia pada 15 Januari hingga 5 Februari 2018. Banyak media masa memberitakan kasus tersebut, dua diantaranya adalah Tirtoid dan Beritagar.id. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan framing kemanusiaan Tirto.id dan Beritagar.id dalam memberitakan kasus tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing model Robert N. Entman yang didalamnya memuat empat elemen framing yaitu pendefinisian masalah (define problems), mencari sumber masalah (diagnose causes), membuat keputusan moral (make moral judgement), menekankan penyelasaian (treatment recommendation). Setelah diketahui hasil framing kemanusiaan dari kedua media daring tersebut, kemudian dilakukan perbandingan satu sama lain. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah, keduanya membingkai kasus ini dalam bingkai kemanusiaan yang bersifat struktural, dimana kasus ini dilihat dalam kaitannya dengan tanggung jawab serta kinerja pemerintah dalam memberikan hak dasar masyarakat Asmat berupa pelayanan kesehatan. Terdapat kesamaan antara Tirto.id dan Beritagar.id, keduanya sama-sama membingkai kasus KLB campak dan gizi buruk Asmat dalam bingkai kemanusiaan yang berkaitan dengan hak untuk hidup, hak atas kesejahteraan, dan hak anak. Sedangkan perbedaan keduanya adalah, Tirto.id memasukkan bingkai hak atas keadilan dan hak atas rasa aman, sedangkan beritagar tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar Hasyim, S. Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Framing, Kemanusiaan, Media Daring, Kejadian Luar Biasa, Asmat
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:29
Last Modified: 10 Feb 2020 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35193

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum