PENGARUH MENONTON TAYANGAN PEMBERITAAN ISU RADIKALISME TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT NASRANI MENGENAI ISLAM (Studi pada Jamaah Gereja Khatolik Santa Maria Fatima Magelang)

Yusuf Safarudin, NIM. 15210042 (2019) PENGARUH MENONTON TAYANGAN PEMBERITAAN ISU RADIKALISME TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT NASRANI MENGENAI ISLAM (Studi pada Jamaah Gereja Khatolik Santa Maria Fatima Magelang). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON TAYANGAN PEMBERITAAN ISU RADIKALISME TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT NASRANI MENGENAI ISLAM (Studi pada Jamaah Gereja Khatolik Santa Maria Fatima Magelang))
15210042_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON TAYANGAN PEMBERITAAN ISU RADIKALISME TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT NASRANI MENGENAI ISLAM (Studi pada Jamaah Gereja Khatolik Santa Maria Fatima Magelang))
152100042_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Yusuf Safarudin, 15210042. Skripsi: Pengaruh Menonton Tayangan Pemberitaan Isu Radikalisme Terhadap Persepsi Masyarakat Nasrani Mengenai Islam (Studi pada Jamaah Gereja Santa Maria Fatima Magelang), skripsi program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Menonton Tayangan Pemberitaan Isu Radikalisme Terhadap Persepsi Masyarakat Nasrani Mengenai Islam (Studi pada Jamaah Gereja Santa Maria Fatima Magelang). Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori intensitas menonton, teori persepsi dan teori kultivasi. Dimana uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Uji validitas dan uji reliabilitas dihitung menggunakan SPSS versi 15. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasi dimana teknik pengumpulan datamenggunakan kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 476 orang dimana teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan rumus Slovin, sehingga mendapat sampel berjumlah 83 orang. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisis parametric dengan rumus Person Product Moment dengan perhitungan menggunakan bantuan SPSS versi 15. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 15. Dimana berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan r tabel 0.213 dan nilai koefisien korelasi -0.341. Artinya terdapat korelasi yang signifikan antara menonton tayangan Pemberitaan Isu Radikalisme dengan Persepsi tentang Islam, karena -0.341 ˃ 0.213. Namun karena hasil r hitung bernilai negatif, maka pengaruh tersebut bernilai negatif yang artinya bahwa semakin rendah salah satu variabel yang dalam penelitian ini yang bernilai rendah adalah Intensitas Menonton Tayangan Pemberitaan Isu Radikalisme maka variabel Persepsi tentang agama Islam bernilai Tinggi. Sedangkan pengaruh yang ditimbulkan sebesar 11.63 % diperoleh dari perhitungan koefisien determinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Musthofa, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Intensitas Menonton Televisi, Persepsi tentang Islam, Isu Radikalisme, dan Teori Kultivasi
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:35
Last Modified: 10 Feb 2020 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum