PEMBERDAYAAN EKONOMI KELOMPOK NELAYAN MINA SAMODRA DI PANTAI BARON DESA KEMADANG, KEC. TANJUNGSARI, KAB. GUNUNGKIDUL

Thoyyib Hanafi, NIM: 12230056 (2019) PEMBERDAYAAN EKONOMI KELOMPOK NELAYAN MINA SAMODRA DI PANTAI BARON DESA KEMADANG, KEC. TANJUNGSARI, KAB. GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI KELOMPOK NELAYAN MINA SAMODRA DI PANTAI BARON DESA KEMADANG, KEC. TANJUNGSARI, KAB. GUNUNGKIDUL)
12230056_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA-.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI KELOMPOK NELAYAN MINA SAMODRA DI PANTAI BARON DESA KEMADANG, KEC. TANJUNGSARI, KAB. GUNUNGKIDUL)
12230056_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Thoyyib Hanafi, Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Nelayan Mina Samodra di Pantai Baron Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Pemberdayaan masyarakat nelayan merupakan sebuah metode yang baik dan menarik perhatian peneliti untuk melakukan pengkajian lebih mendalam terhadap proses pemberdayaan kelompok Nelayan. Nelayan merupakan mata penceharian pokok bagi masyarakat pesisir pantai. Salah satunya yaitu Kelompok nelayan di Pantai Baron. Kelompok Nelayan merupakan sebuah wadah untuk nelayan mampu memberdayakan anggotanya. Karena tanpa adanya pengorganisiran kelompok maka akan sulit untuk berdaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Bagaimana proses pemberdayaan yang dilakukan kelompok nelayan Mina Samudra terhadap anggota? 2. Bagaimana dampak pemberdayaan kelompok nelayan Mina Samudra terhadap anggota? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive, yaitu teknik penentuan informan atas dasar pertimbangan tertentu dengan cara peneliti memilih orang yang terlibat dalam proses pemberdayaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan kelompok nelayan sudah dilakukan sesuai dengan beberapa definisi pemberdayaan. Dilihat dari permodalan yang dikelola oleh kelompok dan proses peningkatan ketrampilan anggota kelompok, memberikan dampak positif bagi keberlangsungan hidup masyarakat nelayan. Dampak positif tersebut antara lain perkembangan jumlah kapal dan bertambahnya skill anggota kelompok dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang terjadi pada sektor kelautan dan perikanan sehingga hasil produksi semakin stabil dan justru semakin bertambah. Hal itu berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aminah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Nelayan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:39
Last Modified: 10 Feb 2020 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum