PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN KAKAO DI DUSUN GUNUNG BUTHAK DESA NGLANGGERAN PATUK GUNUNGKIDUL

Deva Kuncoro, NIM: 14230036 (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN KAKAO DI DUSUN GUNUNG BUTHAK DESA NGLANGGERAN PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN KAKAO DI DUSUN GUNUNG BUTHAK DESA NGLANGGERAN PATUK GUNUNGKIDUL)
BAB I , IV, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN KAKAO DI DUSUN GUNUNG BUTHAK DESA NGLANGGERAN PATUK GUNUNGKIDUL)
BAB II - III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Deva kuncoro, Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengelolaan Kakao di Dusun Gunung Buthak, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dusun Gunung Buthak terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah satu dusun yang dikelilingi oleh wisata terutama Gunung Api Purba, Air terjun Kedung Kandang, dan Embung Nglanggeran serta dinobatkan sebagai Desan Wisata yang dikelilingi juga oleh lahan tumbuhan Kakao sejak tahun 1989. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan masyarakat yaitu pengelolaan kakao melalui kegiatan masyarakat yakni hari Kakao serta dampak dari pemberdayaan yang telah dilakukan oleh masyarakat Gunung Buthak. Metode penelitian ini menggunakan depskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan ini menggunakan purposive sampling berdasarkan Kriteria. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui peringatan hari Kakao ini melalui beberapa tahap, yakni tahap penemuan ide, tahap membangun restu, tahap penyadaran, dan tahap partisipasi masyarakat, sedangkan peringatan hari Kakao ini memunculkan dua dampak yaitu dampak ekonomi dan dampak sosial. Dampak ekonominya yakni membantu kebutuhan masyarakat sehari-hari, dan pendapatan masyarakat. Dampak sosialnya yakni mendukung kegiatan masyarakat dusun Gunung Buthak yang lain, munculnya kelompok masyarakat Gunung Buthak dan Job Desknya untuk mengelola Kakao di hari Kakao, dan munculya produk lokal Masyarakat Gunung Buthak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto. S.Sos. M.Si
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, peringatan hari Kakao, sosial, ekonomi, penyadaran
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 15:00
Last Modified: 10 Feb 2020 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum