REVITALISASI AGROPOLITAN MELALUI PROGRAM SINERGI AKSI UNTUK EKONOMI RAKYAT (PSAER) (Studi di Kota Tani Utama Desa Larangan Kawasan Agropolitan Jalabaritangkas)

Sa’adatul Umayah, NIM: 15230007 (2019) REVITALISASI AGROPOLITAN MELALUI PROGRAM SINERGI AKSI UNTUK EKONOMI RAKYAT (PSAER) (Studi di Kota Tani Utama Desa Larangan Kawasan Agropolitan Jalabaritangkas). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (REVITALISASI AGROPOLITAN MELALUI PROGRAM SINERGI AKSI UNTUK EKONOMI RAKYAT (PSAER) (Studi di Kota Tani Utama Desa Larangan Kawasan Agropolitan Jalabaritangkas))
15230007_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REVITALISASI AGROPOLITAN MELALUI PROGRAM SINERGI AKSI UNTUK EKONOMI RAKYAT (PSAER) (Studi di Kota Tani Utama Desa Larangan Kawasan Agropolitan Jalabaritangkas))
15230007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Sa’adatul Umayah, 15230007. Revitalisasi Agropolitan Melalui Program Sinergi Aksi Untuk Ekonomi Rakyat (PSAER), Skripsi. Pembimbing Drs. Abu Suhud, M. Pd. Yogyakarta: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Kawasan Agropolitan Jalabaritangkas merupakan kawasan agropolitan yang berada di Kabupaten Brbes dengan cakupan wilayah 7 Kecamatan dan Desa Larangan sebagai Kota Tani Utama (KTU) yang sebagian besar masyarakatnya bekerja di sektor pertanian (agribisnis) dengan komoditas unggulan yaitu bawang merah. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap konsep, implementasi, dan hasil revitalisasi agropolitan melalui PSAER. Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik purposive berdasarkan kriteria. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep revitalisasi agropolitan, yang dirancang di Kawasan Agropolitan Jalabaritangkas mampu menjadikan kawasan agropolitan menjadi lebih baik dengan adanya PSAER di KTU Desa Larangan yang meliputi berbagai program antara Lain, Surat Hak Atas Tanah (SHAT), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Pemberian Bibit Unggul dan Pupuk melalui Kartu Tani, serta Pelayanan Digital yang ada sehingga dapat merevitalisasi agropolitan Jalabaritangkas. Implementasi, dan hasil dari berbagai ragam PSAER memiliki hasil yang sesuai tujuan dan harapan sehingga mampu merevitalisasi Kawasan Agropolitan Jalabaritangkas pengoptimalisasian kembali kawasan pertanian dengan sentra produksi bawang merah melalui PSAER yang mampu meningkatkan nilai asset tanah milik petani, memudahkan petani bawang merah dalam mengakses modal, bibit unggul dan pupuk, dan memasarkan hasil panen dengan memutus mata rantai perdagangan untuk meningkatkan pendapatan petani bawang merah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moh Abu Suhud M.Pd
Uncontrolled Keywords: Revitalisasi, Agropolitan, Petani, Bawang Merah, KUR, SHAT, Kartu Tani, Pelayanan Digital.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Feb 2020 10:04
Last Modified: 11 Feb 2020 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum