PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENJAGA KETAHANAN PANGAN MELALUI PROGRAM LUMBUNG PADI DI DUSUN GENENG, JAMBAKAN, BAYAT, KLATEN

FEBRI MARDHIATUS SA’DIYAH, NIM 15230032 (2019) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENJAGA KETAHANAN PANGAN MELALUI PROGRAM LUMBUNG PADI DI DUSUN GENENG, JAMBAKAN, BAYAT, KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENJAGA KETAHANAN PANGAN MELALUI PROGRAM LUMBUNG PADI DI DUSUN GENENG, JAMBAKAN, BAYAT, KLATEN)
15230032_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENJAGA KETAHANAN PANGAN MELALUI PROGRAM LUMBUNG PADI DI DUSUN GENENG, JAMBAKAN, BAYAT, KLATEN)
15230032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (616kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian di bidang pertanian. Pangan merupakan kebutuhan pokok yang mendasar bagi kelangsungan hidup manusia. Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari tanaman, ternak, dan ikan untuk memenuhi kebutuhan akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Di daerah pesesaan, masyarakat memanfaatkan lumbung yang digunakan untuk mengatasi kerawanana pangan masyarakat. Salah satu desa yang memiliki lumbung padi yaitu Dusun Geneng, Desa Jambakan, Bayat, Klaten. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan adanya konsep pemberdayaan perempuan dalam menjaga ketahanan pangan melalui program lumbung padi di Dusun Geneng. Selain itu, penelitian ini akan mendeskripsikan implementasi, hasil dan dampak dari adanya lumbung padi dalam mengatasi kerawanan pangan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatis. Teknik penarikan informannya menggunakan teknik kriteria. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tringulasi sumber dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini, Pertama,Pemberdayaan perempuan dalam menjaga ketahanan pangan melalui program lumbung padi merupakan salah satu usaha warga Desa Jambakan sejak tahun 1996 dengan memberdayakan perempuan untuk infaq padi kering hasil panen yang disimpan ke dalam lumbung padi “Sido Barokah” untuk dipergunakan memenuhi kebutuhan pada musik kemarau atau paceklik. Kedua, proses implementasi menciptakan pastisipasi perempuan terlibat aktif dalam pengelolaan lumbung dan mampu menjaga kerawanan pangan di Dusun Geneng.Ketiga,untuk hasil terbagi menjadi dua programyaitu: Pertama Simpan Pinjam Padi. Dengan adanya infaq padi, masyarakat Geneng tercukupi kebutuhan pangan pada musim kemarau, bisa menyantuni anak yatim, terbentuknya kepengurusan resmi, pengetahuan managemen administrasi, terciptanya managemen yang transparan, adanya sertifikat tanah dan gedung atas namalumbung, pembangunan gedung lumbung, dan bantuan pembangunan TPA. Kedua Peminjaman Modal, sejak tahun 2009 Lumbung Padi “Sido Barokah” mendapatkan bantuan dana dari Dinas Pemerintah xiii Ketahanan Pangan Kabupaten Klaten. Dana tersebut digunakan untuk membangun gedung, memberikan pinjaman uang kepada masyarakat Geneng, memberikan sumbangan dana untuk pembangunan gedung TPA. Dan yang keempat dampak yang dirasakan dari pemberdayaan perempuan yaitu: pada saat musim kemarau masyarakat tidak bergantung pada bantuan pemerintah berupa beras raskin, masyarakat tidak perlu berhutang uang ke luar, mampu menciptakan kesejahteraan sosial, sistem organisasi semakin mudah, administrasi menjadi disiplin, mampu mengetahui tolak ukur produksi, memiliki gedung sendiri sehingga produksi lumbung terpusat di gedung, serta mampu meningkatkan semangat belajar mengaji anak-anak dengan adanya gedung TPA yang baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aziz Muslim.M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Lumbung Padi.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Feb 2020 10:06
Last Modified: 11 Feb 2020 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum