PENGEMBANGAN KESEJAHTERAAN MELALUI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL : STUDI KASUS PERTANIAN BERKELANJUTAN DI MINGGIR SLEMAN DIY

Danang Nurhidayatullah, NIM 15230048 (2019) PENGEMBANGAN KESEJAHTERAAN MELALUI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL : STUDI KASUS PERTANIAN BERKELANJUTAN DI MINGGIR SLEMAN DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KESEJAHTERAAN MELALUI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL : STUDI KASUS PERTANIAN BERKELANJUTAN DI MINGGIR SLEMAN DIY)
15230048_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KESEJAHTERAAN MELALUI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL : STUDI KASUS PERTANIAN BERKELANJUTAN DI MINGGIR SLEMAN DIY)
15230048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Praktik kewirausahaan sosial menjadi sebuah alternatif untuk menciptakan perubahan sosial. Salah satu praktik kewirausahaan sosial di Yogyakarta yaitu CV. Agradaya Indonesia. Perusahaan sosial ini memiliki fokus untuk mengembangkan sumber daya desa melalui pangan dan pertanian melalui kolaborasi dengan petani lokalskala kecil di Yogyakarta untuk mewujudkan pertanian rempah yang berkelanjutan. Hal ini menarik karena tidak semua praktik kewirausahaan sosial mengembangkan sektor pertanian rempahrempah, dan memiliki pola kolaborasi dengan petani secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kemitraan praktik kewirausahaan sosial oleh CV. Agradaya Indonesia, model kewirausahaan sosial, dan dampak praktik kewirausahaan sosial perusahaan sosial tersebut. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang mana penelitian ini bersifat tentatif. Informan penelitian yang digunakan adalah dua pendiri CV. Agradaya Indonesia yaitu Andhika dan Asri, dan petani yang tergabung dengan jejaring mitra petani. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa pola kemitraan CV. Agradaya Indonesia menggunakan pola kemitraan produktif, yakni pola yang memiliki karakteristik pihak yang bermitra ditempatkan sebagai subjek. Perusahaan mengedepankan prinsip simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan satu sama lain. Pola tersebut dideskripsikan melalui kriteria Social Enterpreneurship (SE), CV. Agradaya Indonesia masuk ke model Profit-For-Benefit Social Enterprise, yang mana model ini memiliki target continuity dan development untuk menghilangkan ketergantungan terhadap individu ataupun lembaga penyandang dana. Dampak dari praktik Kewirausahaan sosial oleh CV. Agradaya Indonesia dirasakan oleh Jaringan Rempah Menoreh yaitu menumbuhkan lapangan pekerjaan, xiv peningkatan Soft Skill dan akses informasi dan teknologi, dan melahirkan perubahan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abdur Rozaki.,S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan Sosial, Pertanian Berkelanjutan, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Feb 2020 10:08
Last Modified: 11 Feb 2020 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum