UPAYA BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI MUSTAHIK MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF

Nikmatun Nihayah, NIM 15230081 (2019) UPAYA BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI MUSTAHIK MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI MUSTAHIK MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF)
15230081_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI MUSTAHIK MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF)
15230081_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nikmatun Nihayah, Upaya BAZNAS Kota Yogyakarta dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Mustahik Program Pemberdayaan Ekonomi Produktif. Diantara berbagai jenis persoalan ekonomi, kemiskinan merupakan masalah yang sangat krusial dalam masyarakat. Permasalahan kemiskinan yang cukup kompleks ini tentunya membutuhkan dukungan dan keterlibatan dari semua pihak. BAZNAS Kota Yogyakarta sebagai lembaga zakat dengan tujuan mengentaskan kemiskinan serta memberi peluang usaha kepada mustahik dalam program pemberdayaan ekonomi produktif berupaya dengan maksimal dalam melakukan pemberdayaan masyarakat kurang mampu dan mewujudkan cita-cita kesejahteraan masyarakat. Pertanyaan yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana upaya BAZNAS dalam meningkatkan kemandirian ekonomi mustahik? dan bagaimana hasil dari upaya meningkatkan kemandirian ekonomi mustahik? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskripsi analisis data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. adapun informan dalam penelitian ini adalah ketua bidang penthasyarufan dan pendayagunaan, koordinator lapangan serta bagian administrasi program pemberdayaan ekonomi produktif, dan mustahik program pemberdayaan ekonomi produktif. Validasi data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data dengan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, BAZNAS dalam upaya meningkatkan kemandirian eknomi mustahik adalah dengan (1) memberikan modal, (2) melakukan pendampingan, (3) meningkatkan motivasi, dan (4) budaya menabung yang harus dilakukan oleh mustahik. Kedua, hasil nya adalah (1) mustahik mampu menciptakan inovasi baru, (2) meningkatnya pendapatan musthaik, (3) membuka lapangan pekerjaan, (4) mandiri dan mampu mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: BAZNAS, Peningkatan Kemandirian Ekonomi, Pemberdayaan Ekonomi Produktif.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2020 14:46
Last Modified: 12 Feb 2020 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum