PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KETAKUTAN TERHADAP UJIAN NASIONAL (STUDI PADA SISWA KELAS 12 IPS DI MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH PRINGSURAT TEMANGGUNG JAWA TENGAH)

Ahmad Nur Salim, NIM: 11220128 (2019) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KETAKUTAN TERHADAP UJIAN NASIONAL (STUDI PADA SISWA KELAS 12 IPS DI MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH PRINGSURAT TEMANGGUNG JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KETAKUTAN TERHADAP UJIAN NASIONAL (STUDI PADA SISWA KELAS 12 IPS DI MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH PRINGSURAT TEMANGGUNG JAWA TENGAH))
11220128_PRA BAB_BAB I_BAB III DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KETAKUTAN TERHADAP UJIAN NASIONAL (STUDI PADA SISWA KELAS 12 IPS DI MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH PRINGSURAT TEMANGGUNG JAWA TENGAH))
11220128_BAB II DAN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)

Abstract

AHMAD NUR SALIM, Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanggulangi Ketakutan Terhadap Ujian Nasional (Studi Pada Siswa Kelas 12 Ips Di Madrasah Aliyah Darul Falah Pringsurat Temanggung Jawa Tengah) Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019 Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya ketakutan siswa dalam menghadapi ujian nasional, khususnya di Madrasah Aliyah Darul Falah Pringsurat, oleh sebab itu perlu keterlibatan peran guru binbingan dan konseling dalam menyikapi fenomena ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam menanggulangi ketakutan siswa terhadap ujian nasional. Subyek dalam penelitian ini adalah guru BK, kepala sekolah, dan empat peserta didik. Obyek dalam penelitian ini adalah peran guru bimbingan dan konseling dalam menanggulangi ketakutan siswa terhadap ujian nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode wawancara sebagai metode utama dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa meminimalisir ketakutan terhadap ujian nasional yaitu peran guru BK sebagai pembimbing, guru BK sebagai Fasilitator, guru BK sebagai mediator dan guru BK sebagai motivator

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling, peran guru, ujian nasional
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2020 14:49
Last Modified: 12 Feb 2020 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum