KONSELING KELOMPOK DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNANETRA DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA

Fathurrohman, NIM 12220095 (2019) KONSELING KELOMPOK DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNANETRA DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING KELOMPOK DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNANETRA DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA)
12220095_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSELING KELOMPOK DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNANETRA DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA)
12220095_BAB II_S.D._SEBELUM_ BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (509kB)

Abstract

FATHURROHMAN (12220095), Konseling Kelompok dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta. Skripsi. Yogykarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Kepercayaan diri menjadi salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kebutuhan siswa berkebutuhan khusus (tunanetra), tanpa adanya rasa percaya diri siswa tunanetra, maka akan timbul masalah seperti : minder, malu, dan sulit berinteraksi dengan lingkungannnya di rumah maupun di sekolah. Adapun masalah yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana tahap-tahap konseling kelompok yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam membangun kepercayaan diri siswa tunanetra yang duduk dikelas VII A tahun ajaran 2018/2019 di MTs Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tahap-tahap konseling kelompok yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam membangun kepercayaan diri siswa tunanetra yang duduk dikelas VII A tahaun ajaran 2018/2019 di MTs Yaketunis Yogyakarta terdiri 6 tahap yaitu, pertama, tahap pembentukan, melibatkan diri ke dalam kelompok dan menentukan topik. Kedua, tahap peralihan, memastikan kesiapan anggota kelompok. Ketiga, tahap kegiatan, mengungkapkan masalahya dan menyelesaikannya. Keempat, tahap penutup, memberi solusi dan meringkas pengalaman kelompok. Kelima, tahap evaluasi kelompok, mengevaluasi keefektifan diri dan kelompok serta memberi penelinian tertutup. Keenam, tahap tindak lanjut, melakukan follow up menggunakan konseling individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Muhammad Hafiun, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Membangun Kepercayaan Diri, Siswa Tumanetra
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2020 14:49
Last Modified: 12 Feb 2020 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum