KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA MTs NEGERI 10 SLEMAN

Dini Eka Nurma Kumala, NIM.14220008 (2019) KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA MTs NEGERI 10 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA MTs NEGERI 10 SLEMAN)
14220008 _PRA BAB_BAB I_BAB IV DAN DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA MTs NEGERI 10 SLEMAN)
14220008 _BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB)

Abstract

DINI EKA NURMA KUMALA (14220008), Konseling Rational Emotive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa di MTs Negeri 10 Sleman. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa yang digadang-gadang sebagai penerus bangsa. Namun masih ditemui beberapa diantaranya kurang mampu bertanggung jawab dengan tugasnya sebagai siswa. Untuk itu perlu diberikan stimulus supaya para siswa mampu untuk lebih bertanggung jawab dengan tugasnya sebagai siswa serta mampu berfikir positif dengan kemampuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan juga mendiskripsikan langkah pelaksanaan konseling rational emotive behavior therapy (REBT) untuk meningkatkat self-efficacy siswa MTs N 10 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, subjek penelitian ini yakni guru BK dan siswa kelas VIII tahun ajaran 2018/2019, obyek penelitiannya adalah langkah-langkah pelaksanaan konseling REBT untuk meningkatkan self-efficacy siswa MTs N 10 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Dan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling rational emotive behavior therapy untuk meningkatkan self-efficacy di MTs Negeri 10 Sleman ada 6 langkah, yaitu langkah pertama bekerjasama dengan konseli, langkah kedua melakukan asesmen (masalah, orang dan situasi), langkah ketiga mempersiapkan konseli untuk terapi, langkah keempat mengimplementasikan program penanganan, langkah kelima mengevaluasi pengajuan, dan langkah kelima mempersiapkan konseli untuk mengakhiri konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet., S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Self-Efficacy
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2020 14:50
Last Modified: 12 Feb 2020 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum