KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI SISWA TEMPERAMENTAL (Studi Kasus pada Satu Siswa Kelas IX SMP Negeri 15 Yogyakarta)

Dea Angelita Putri Jayanthi, NIM 15220025 (2019) KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI SISWA TEMPERAMENTAL (Studi Kasus pada Satu Siswa Kelas IX SMP Negeri 15 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI SISWA TEMPERAMENTAL (Studi Kasus pada Satu Siswa Kelas IX SMP Negeri 15 Yogyakarta))
15220025_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI SISWA TEMPERAMENTAL (Studi Kasus pada Satu Siswa Kelas IX SMP Negeri 15 Yogyakarta))
15220025_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (472kB)

Abstract

DEA ANGELITA PUTRI JAYANTHI, 15220025, Konseling Individu dalam Mengatasi Siswa Temperamental di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah karena setiap siswa memiliki emosi yang berbeda-beda dalam menghadapi persoalan dikehidupan sehari-hari. Emosi dibagi menjadi dua, dilihat dari dampak yang ditimbulkannya, yaitu emosi negatif dan emosi positif. Salah satu emosi negatif yaitu marah. Temperamental adalah gaya perilaku dan cara khas pemberian respon seseorang. Sikap temperamental tersebut mempengaruhi dan memberikan dampak dalam keseharian siswa. Bahkan mendapat labeling dari guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pelaksanaan konseling individu yang digunakan dalam mengatasi siswa temperamental di SMP N 15 Yogyakarta. Dengan konseling individu mampu mengatasi siswa yang memiliki sikap temperamental dengan memberikan arahan, solusi, nasihat dan treatment. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif dengan memberikan pemaparan mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian narasi hasil penelitian. Subyek penelitian adalah Guru BK, wali kelas, dan satu siswa yaitu GR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah konseling individu dalam mengatasi siswa temperamental yaitu identifikasi masalah, himpunan data, diagnosis, prognosis, pemberian treatment, monitoring dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Siswa Temperamental
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:38
Last Modified: 13 Feb 2020 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum