LAYANAN INFORMASI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF PERILAKU SEKS BEBAS PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 1 PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA

Amellia Julitasari, NIM 15220044 (2019) LAYANAN INFORMASI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF PERILAKU SEKS BEBAS PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 1 PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN INFORMASI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF PERILAKU SEKS BEBAS PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 1 PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA)
15220044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN INFORMASI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF PERILAKU SEKS BEBAS PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 1 PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA)
15220044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (491kB)

Abstract

AMELLIA JULITASARI, 15220044, Layanan Informasi sebagai Upaya Preventif Perilaku Seks Bebas pada Siswa Kelas XI di SMA N 1 Pundong Bantul Yogyakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya kasus kehamilan tidak diinginkan (KTD) pada remaja yang masih berstatus pelajar di Yogyakarta. Berkaitan dengan hal itu, rata-rata siswa kelas XI di SMA N 1 Pundong Bantul Yogyakarta telah memiliki pacar sehingga banyak faktor resiko yang dikhawatirkan. Mayoritas siswa juga berasal dari daerah pesisir pantai selatan (Parangtritis) yang identik dengan banyaknya losmen dan sering disalahgunakan oleh remaja untuk berduaan bersama pacar. Layanan informasi dalam penelitian ini merupakan upaya guru BK SMA N 1 Pundong Bantul Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan siswa kelas XI sekaligus mencegah mereka agar tidak terjerumus pada perilaku seks bebas yang dalam kategori hubungan seks intim (intercourse) sesuai dengan informasi yang disampaikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian terbagi menjadi dua yaitu subjek utama diantaranya dua orang guru BK dan subjek pendukung diantaranya lima orang siswa kelas XI. Sedangkan objek penelitian adalah tahap-tahap layanan informasi sebagai upaya preventif perilaku seks bebas pada siswa kelas XI di SMA N 1 Pundong Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data yang digunakan penulis yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap layanan informasi sebagai upaya preventif perilaku seks bebas pada siswa kelas XI di SMA N 1 Pundong Bantul Yogyakarta terdiri dari lima tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut, dan pelaporan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi, Upaya Preventif, dan Perilaku Seks Bebas.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:39
Last Modified: 13 Feb 2020 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35264

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum