KONSELING KARIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEBANGSAAN CHERAS JAYA MALAYSIA

WIRDA IRNAENI, NIM 15220055 (2019) KONSELING KARIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEBANGSAAN CHERAS JAYA MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING KARIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEBANGSAAN CHERAS JAYA MALAYSIA)
15220055_ BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSELING KARIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEBANGSAAN CHERAS JAYA MALAYSIA)
15220055_ BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (573kB)

Abstract

WIRDA IRNAENI (15220055), Konseling Karir Dalam Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Kebangsaan Cheras Jaya: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keraguan para siswa-siswi di SMK Cheras Jaya dalam pengambilan keputusan karir yang sesuai dan selaras dengan ciri-ciri yang ada pada diri mereka. Tujuannya untuk mendeskripsikan metode konseling karir dan langkah-langkah pengambilan keputusan karir di SMK Cheras Jaya Malaysia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, bertujuan untuk mendeskripsikan metode dan langkah-langkah pengambilan keputusan karir di Sekolah Menengah Kebangsaan Cheras Jaya. Adapun analisis yang digunakan adalah analisa induktif atau deskriptif kualitatif yaitu mengklarifikasi data yang telah terhimpun agar dapat menjawab rumusan masalah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah dua guru bimbingan konseling dan dua siswa Sekolah Menengah Kebangsaan Cheras Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode konseling karir dalam meningkatkan pengambilan keputusan karir di Sekolah Menengah Kebangsaan Cheras Jaya, yaitu; metode langsung, metode di mana pembimbing melakukan komunikasi langsung (bertatap muka) dengan orang yang dibimbingnya. Dan metode tidak langsung, yaitu metode bimbingan atau konseling yang dilakukan melalui media masa. Sedangkan langkah-langkahnya adalah pemahaman individu yaitu guru bimbingan konseling membantu siswa untuk mengenali dirinya sendiri, memahami minat, bakat, potensi yang dimiliki, cita-cita, pemahaman gaya hidup dan kesesuaian antara keinginan dan kebutuhan untuk masa depan; memberikan informasi karir yaitu guru bimbingan konseling membantu dalam menetapkan alternatif tindakan bantuan yang diberikan dengan memberikan informasi karir, guru bimbingan konseling membantu dalam mendapatkan informasi karir secara efektif dengan mengadakan bimbingan karir seperti seminar, ceramah atau talk, karnival kerjaya dan juga mencari informasi dari berbagai media; membantu mengintegrasikan pilihan karir yaitu membantu mengintegrasikan pemilihan karir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. SAID HASAN BASRI, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Konseling Karir, Pengambilan Keputusan Karir
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:39
Last Modified: 13 Feb 2020 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35267

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum