LAYANAN KONSELING SYARI’E DALAM MENGATASI WANITA KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI PUSAT KONSELING MAJELIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN

Farikhah Yuniarti, NIM 15220066 (2019) LAYANAN KONSELING SYARI’E DALAM MENGATASI WANITA KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI PUSAT KONSELING MAJELIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN KONSELING SYARI’E DALAM MENGATASI WANITA KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI PUSAT KONSELING MAJELIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN)
15220066_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN KONSELING SYARI’E DALAM MENGATASI WANITA KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI PUSAT KONSELING MAJELIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN)
15220066_BAB II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (824kB)

Abstract

Farikhah Yuniarti (15220066), Layanan Konseling Syari’e Dalam Mengatasi Wanita Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Majelis Agama Islam Negeri Sembilan Malaysia: Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peristiwa kekerasan dalam rumah tangga seperti kekerasan fisik, psikis, ekonomi, dan seksual yang terjadi pada istri. Hal ini merupakan permasalahan yang dianggap serius sehingga membutuhkan bantuan penyelesaian. Karena itu banyak istri korban kekerasan dalam rumah tangga yang datang ke pusat konseling MAINS untuk membantu menyelesaikan masalahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fase-fase konseling syari’e dalam mengatasi kekerasan dalam rumah tangga di Pusat Konseling Majelis Agama Islam Negeri Sembilan Malaysia. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap objek yang diteliti. Adapun objek dalam penelitian ini adalah tahap-tahap konseling syari’e. sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah konselor yang pernah melaksanakan konseling syari’e dan yang ikut dalam penyusunan modul konseling syari’e. pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data menggunakan metode dekriptif kualitatif yaitu mengolah data yang didapatkan selama proses penelitian baik berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian diinterpretasikan secara sistematis dalam bentuk laprang yang dibuat secara apa adanya sesuai keadaan sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap Konseling Syari’e dalam Mengatasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Majelis Agama Islam Negeri Sembilan Malaysia melalui beberapa fase yaitu: Fase Satu (Pra Sesi), Fase Kedua/ Ekplorasi (Membina Rapport, Bai’ah Ula, Mengenal Diri dan Mengenal Pasti Masalah, Pelaksanaan Pendekatan Tazkiyah An-Nafs), Fase Ketiga (Pengakhiran).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Konseling Syari’e, Mengatasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:40
Last Modified: 13 Feb 2020 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum