PENGARUH STATUS SYARIAH, REPUTASI UNDERWRITER, DAN INVESTOR INSTITUSIONAL, TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING DENGAN OFFER SIZE SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi pada Perusahaan IPO di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

RIZQI AMALIA, NIM : 15840008 (2019) PENGARUH STATUS SYARIAH, REPUTASI UNDERWRITER, DAN INVESTOR INSTITUSIONAL, TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING DENGAN OFFER SIZE SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi pada Perusahaan IPO di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STATUS SYARIAH, REPUTASI UNDERWRITER, DAN INVESTOR INSTITUSIONAL, TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING DENGAN OFFER SIZE SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi pada Perusahaan IPO di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018))
15840008_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STATUS SYARIAH, REPUTASI UNDERWRITER, DAN INVESTOR INSTITUSIONAL, TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING DENGAN OFFER SIZE SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi pada Perusahaan IPO di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018))
15840008_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menguji sampel sejumlah 90 perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode Januari 2016 hingga Desember 2018. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan bukti pada initial return (IR) perusahaan IPO dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjelaskan initial return IPO. Analisis empiris dan hasil estimasi regresi berdasarkan informasi yang berasal dari database seperti bloomberg dan yahoo finance. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata initial return IPO positif sebesar 56.65%. Regresi multiple cross sectional menunjukkan bahwa variabel reputasi underwriter, investor institusional, dan offer size berpengaruh pada tingkat underpricing. Sebaliknya, variabel status Syariah tidak berpengaruh terhadap underpricing IPO di pasar modal Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan informasi kepada investor dalam pengambilan keputusan investasi di pasar saham terutama dalam saham IPO. Selain itu, juga dapat memberikan manfaat kepada emiten dalam mempertimbangkan keterbukaan informasi di prospektus pada masa penawaran umum perdana (IPO).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. H. SLAMET HARYONO, SE. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Underpricing, Initial Return, Status Syariah, Reputasi Underwriter, Investor Institusional, Offer Size
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jun 2019 11:15
Last Modified: 27 Jun 2019 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum