MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN “MOCOPAT SYAFAAT EMHA AINUN NADJIB”) TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

IBRAHIM HOSEN, NIM. 12490038 (2019) MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN “MOCOPAT SYAFAAT EMHA AINUN NADJIB”) TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN “MOCOPAT SYAFAAT EMHA AINUN NADJIB”) TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
12490038_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN “MOCOPAT SYAFAAT EMHA AINUN NADJIB”) TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
12490038_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena yang terjadi di masyarakat Yogyakarta dalam mengikuti kegiatan mocopat syafaat. Mocopat syafaat sebagai wadah belajar bersama tentang berbagai macam keilmuan yang diprakasai oleh Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) memili daya tarik yang kuat bagi semua kalangan masyarakat khusunya masyarakat Desa Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Peneliti ingin mengetahui lebih detail bagaimana proses pengelolaan mocopat syafaat sehingga mampu menjadi wadah belajar yang digemari oleh masyarakat. Objek penelitian ini adalah terkait pengelolaan mocopat syafaat sebagai bentuk pendidikan berbasis masyarakat yang di kelola oleh Progres, Keluarga Cak Nun dan masyarakat di desa Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen pendidikan berbasis masyarakat pada kegiatan pengajian rutin “Mocopat SyafaatEmha Ainun Nadjib” di Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu untuk memahami (understanding) dunia makna yang disimbolkan dalam perilaku masyarakat menurut perspektif masyarakat itu sendiri. Kemudian jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif yang mempelajari masalahmasalah yang ada serta tata cara kerja yang berlaku. Peneliti menemukan beberapa hal yang menjadi hasil dari penelitian ini yaitu pada kegiatan mocopat syafaat, proses perencanaan dan pengorganisasian dilakukan langsung oleh masyarakat (jamaah) nya di bantu oleh Progres dan keluarga Cak Nun, tidak ada campur tangan pemerintah didalam menjalankan kegiatan mocopat syafaat. Kesadaran organisme yang menekankan kepada kepekaan dan kesadaran satu sama lain menjadi faktor pendukung didalam berlangsungnya pengorganisasian mocopat syafaat oleh karenanya tidak ada struktur khusus didalam mocopat syafaat. Sedangkan sistem fleksibel dan kesadaran jamaah yang dinamis dapat menjadi faktor penghambat, karena kesadaran masyarakat yang tidak dapat diukur mengkhawatirkan untuk berlangsungnya sebuah sistem yang continue (berkelanjutan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendidikan, Berbasis Masyarakat.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 09:54
Last Modified: 28 Jun 2019 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35315

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum