MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PIRI 3 YOGYAKARTA

ARFIRA-RIZKI-ANDARISTA, NIM. 13490039 (2019) MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PIRI 3 YOGYAKARTA)
13490039_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PIRI 3 YOGYAKARTA)
13490039_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

industri (prakerin) pada program keahlian administrasi perkantoran di SMK PIRI 3 Yogyakarta mampu memberikan gambaran kepada pihak panitia prakerin bahwa optimalisasi dan penerapan manajemen prakerin keahlian administrasi perkantoran yang dilakukan belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang bagaimana proses dan pelaksanaan manajemen prakerin pada keahlian administrasi perkantoran. Sehingga harapan kedepannya pihak sekolah dituntut mampu mengoptimalkan manajemen prakerin pada keahlian administrasi perkantoran untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SMK PIRI 3 Yogyakarta. Adapun yang menjadi subyek peneitian adalah Waka bidang Humas, Ketua jurusan administrasi perkantoran, Guru pembimbing dan siswa. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pertama, manajemen praktik kerja industri (prakerin) pada keahlian administrasi perkantoran dilaksanakan melalui a) perencanaan dimulai dengan mempersiapkan 2 bulan sebelum prakerin dimulai dengan agenda rapat, pembentukan panitia, dan menyiapkan kegiatan sosialisasi/pembekalan; b) pengorganisasian prakerin terdapat beberapa kegiatan yaitu koordinasi dari pihak sekolah dengan pihak instansi, adanya pembagian tugas dari pihak sekolah di masing-masing bidang; c) pelaksanaan prakerin dilaksanakan selama 3 bulan, ketika siswa naik ke kelas XII, pelaksanaan prakerin terdiri dari kegiatan yaitu pemilihan tempat, permohonan ijin, pembekalan/sosialisasi, penerjunan/penyerahan siswa, kegiatan prakerin, monitoring, penarikan siswa prakerin, dan laporan; d) evaluasi prakerin dilakukan setelah siswa melakukan prakerin, diadakannya rapat evaluasi penyampaian pendapat, kritikan dari pihak sekolah, dengan melihat data dari kegiatan prakerin. Kedua, peran prakerin untuk administrasi perkantoran ialah untuk; a) kemajuan untuk keahlian administrasi perkantoran, b) wadah pembelajaran siswa, c) pengembangan diri siswa manfaatnya melatih siswa mandiri, kekompakan sekolah, mendapatkan ilmu baru, melatih mental siswa. Ketiga, Faktor pendukung: ketersediaanya dan keterbukannya pihak instansi untuk bekerjasama. faktor penghambat: keterbatasannya waktu monitoring guru meninjau siswa yang sering berbenturan dengan jam mengajar, kekhawatiran pihak sekolah terhadap manajemen waktu siswa, ketidakhadiran siswa, penyesuaian siswa terhadap lingkungan praktek dan miskomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bapak Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, praktik kerja industri, keahlian administrasi perkantoran.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 10:46
Last Modified: 28 Jun 2019 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35320

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum