PERAN KYAI DALAM MENINGKATKAN SISTEM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL QIYAM GONTOR 6 MAGELANG JAWA TENGAH

Rahmul Izzi, NIM. 14490084 (2019) PERAN KYAI DALAM MENINGKATKAN SISTEM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL QIYAM GONTOR 6 MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KYAI DALAM MENINGKATKAN SISTEM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL QIYAM GONTOR 6 MAGELANG JAWA TENGAH)
14490084_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KYAI DALAM MENINGKATKAN SISTEM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL QIYAM GONTOR 6 MAGELANG JAWA TENGAH)
14490084_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini peneliti melihat kebanyakan lulusan yang diharapkan lembaga pendidikan nantinya mendapatkan lapangan pekerjaan, namun berbeda dengan tujuan pendidikan yang ada di pondok pesantren yang mengharapkan lulusannya menjadi santri yang baik budi pekertinya, berbakti kepada kedua orang tuanya dan mengabdi kepada bangsa, Negara serta Agama. Oleh karena itu pesantren memberikan bekal untuk menjalani kehidupan setelah keluar dari lingkungan pondok maka dari itu peran pondok pesantren sangatlah dibutuhkan. Peran kyai dalam meningkatkan sistem pembelajaran di Gontor yaitu dengan melakukan pendidikan yang berbasis pengkaderisasi dan juga pendidikan di Gontor lebih mengutamakan pendidikan karakter dan kemandirian, dengan demikian pondok modern Gontor akan memiliki banyak kaderisasi yang siap untuk menggantikan yang sudah tidak layak lagi dalam memimpin pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menganalisis dan mengolah data yang telah didapat dilapangan mulai dari transkip sampai dengan menginterpretasikan data tersebut. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Modern Darul Qiyam Gontor 6 Magelang Jawa Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pondok Modern Gontor memiliki dua sistem pemdidikan yaitu, Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) dan sistem Pengasuhan Santri. 2. Peran kyai dalam meningkatkan sistem pembelajaran yaitu: Mengadakan sistem-sistem yang baru, membuat master plan tahunan, mengawasi dan mengevaluasi dan mempertahankan sistem yang sudah relevan. 3. Faktor-faktor yang berpengaruh dan penghambat dalam peningkatan sistem pendidikan diantaranya: pertama faktor-faktor yang berpengaruh, faktor guru, faktor siswa, faktor lingkungan dan faktor sarana dan prasaran, dan yang kedua faktor-faktor penghambat, kehadiran guru yang terlambat atau tidak hadir dalam mengajar, keterlambatan santri, perizinan santri, penyampaiyan materi yang kurang dipahami, dan santri atau murid yang tidur didalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nurrohmah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pesantren, Peran Kyai, Kaderisasi, dan Pendidikan Karakter
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 10:55
Last Modified: 28 Jun 2019 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35321

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum