MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 WATES KULONPROGO YOGYAKARTA

NURUL FELANI, NIM. 14490100 (2018) MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 WATES KULONPROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 WATES KULONPROGO YOGYAKARTA)
1. NIM 14490100-COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 WATES KULONPROGO YOGYAKARTA)
2. NIM 14490100-BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (514kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah orang tua menginginkan anaknya untuk mendapatkan pendidikan akhlaq, moral, dan budi pekerti yang baik, sehingga si anak dapat menjadi anggota masyarakat yang produktif dan bermanfaat bagi keluarga serta lingkungan masyarakat dimana ia tinggal. Selain orang tua, masyarakat sebagai stake holder juga selalu berharap agar anak yang di titipkan di sekolah atau madrasah memenuhi harapan yang diinginkan. Harapan masyarakat yang dimaksud antara lain adalah agar anak mereka menjadi anak yang rajin ibadah, akhlakul kharimah, cerdas, terampil, mandiri, cinta ilmu dan cinta kemajuan.Oleh karena itu saat ini telah banyak bermunculan sistem pendidikan unggulan berasrama (boarding school). Inilah urgensi dalam studi ini yaitu bagaimana sekolah yang memiliki program unggulan berasrama mengelola kegiatan agar mampu mencetak siswa yang diharapkan oleh orang tua maupun masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengambil latar belakang manajemen boarding school serta prestasi siswa-siswi boarding school di MAN 2 Wates Kulonprogo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), dokumentasi, dan wawancara. Analisiss data dilakukan dengan metode analisis model Miles and Hubermen dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan kemudian dari makna tersebut akan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: pertama, keunggulan yang menjadi daya tarik siswa untuk mengikuti program boarding school dantaranya jarang sekolah yang menerapkan program boarding school di daerah Kulonprogo, program kegiatan di boarding school sudah menyerupai program kegiatan pesantren, mendapat beasiswa dan berbagai fasilitas penunjang belajar, mendapat bimbingan les UN, dan mengajarkan siswa-siswi untuk hidup mandiri. Kedua, manajemen di boarding school mencakup manajemen komponen-komponen sekolah yang mengatur berbagai jadwal kegiatan, peraturan fasilitas, sarana prasarana yang dapat membantu memotvasi siswa boarding school untuk belajar meningkatkan prestasi mereka baik prestasi akademik maupun non akademik seperti kedisiplinan, kerjasama, tanggung jawab, dan lain-lain Ketiga: faktor pendukung manajemen boarding school terdiri dari sarana prasarana yang lengkap, kerjasama para guru, dan penerapan peraturan untuk mendisiplinkan siswa-siswi. Faktor penghambat terdiri dari belum adanya seoarang musyrif/musyrifah (pendamping asrama) di boarding school, keterbatasan waktu belajar siswa, dan belum terkodinirnya kegiatan dalam masyarakat dengan kegiatan boarding school sehingga terkadang kegiatan masyarakat tersebut menghambat kegiatan boarding school.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Boarding School, Prestasi.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 11:13
Last Modified: 28 Jun 2019 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35323

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum