EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAMAN TAHFIDZ BERBASIS KARAKTER KEBERAGAMAAN DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA

ALFI RAHMAH SYA’BANA. MS, NIM. 15490032 (2019) EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAMAN TAHFIDZ BERBASIS KARAKTER KEBERAGAMAAN DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAMAN TAHFIDZ BERBASIS KARAKTER KEBERAGAMAAN DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
154900321_BAB-I_V-atau_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAMAN TAHFIDZ BERBASIS KARAKTER KEBERAGAMAAN DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
15490032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari evaluasi program yang dilakukan oleh dewan asatidz dan pembimbing di program ekstrakurikuler taman tahfidz SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta lebih berfokus pada perkembangan karakter santri dan dampak-dampak yang ditimbulkan daripada jumlah hafalan yang dimiliki. Selain itu, evaluasi yang dilakukan berdasarkan proses pembelajaran selama program berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan menggunakan cara pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik validasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Metode yang dilakukan dengan menulis hasil wawancara dengan narasumber, mencatat hasil observasi, dan dokumentasi untuk dianalisis dan diolah datanya sehingga dapat diinterpretasikan data tersebut dengan teori yang telah ada sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di program ekstrakurikuler taman tahfidz SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembentukan karakter yang dilakukan di program ekstrakurikuler taman tahfidz SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta berdasarkan dimensi keberagamaan, dimana nilai yang terdapat di dalamnya ada 3, yaitu: (a) nilai akidah, (b) nilai ibadah, (c)nilai akhlak, (d) nilai keilmuan, dan (e) nilai eksperimental. (2) Urgensi evaluasi program model goal free evaluation dalam membentuk karakter santri terbagi menjadi tiga aspek, yaitu: (a) mengetahui kekurangan program yang dapat menjadi refleksi dalam memperbaiki sistem program kedepannya nanti, (b) mengetahui perbandingan tiap halaqoh sehingga dapat saling tukar informasi dan strategi, dimana dewan asatidz bisa saling menyamakan standar penilaian, dan (c) mengetahui perkembangan karakter santri. (3) Pelaksanaan evaluasi program pada program ekstrakurikuler taman tahfidz menggunakan evaluasi program model goal free evaluation, dimana model tersebut memiliki tiga tahapan, yaitu: (a) persiapan evaluasi program, (b) pelaksanaan evaluasi program, dan (c) monitoring atau pemantauan evaluasi program. (4) Hasil dari pembentukan karakter keberagamaan di program ekstrakurikuler taman tahfidz SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta dibagi menjadi lima nilai, yaitu: (a) nilai akidah, (b) nilai ibadah, (c) nilai akhlak, (d) nilai keilmuan, dan (e) nilai eksperimental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program Model Goal Free Evaluation, Karakter Keberagamaan, Ekstrakurikuler Tahfidz.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 13:36
Last Modified: 28 Jun 2019 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35326

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum