IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS III SDIT INSAN UTAMA BANTUL YOGYAKARTA

NURDIANA KHOLIDAH, NIM. 15490087 (2019) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS III SDIT INSAN UTAMA BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS III SDIT INSAN UTAMA BANTUL YOGYAKARTA)
15490087 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS III SDIT INSAN UTAMA BANTUL YOGYAKARTA)
15490087 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (831kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pembelajaraan Al-Qur’an menggunakan Metode Ummi guna meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di SDIT Insan Utama Bantul Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaraan Al-Qur’an yang meliputi penerapan Metode Ummi, pengelolaan waktu yang digunakan, faktor penunjang dan penghambat dalam proses pembelajaran serta sarana dan prasarana pembelajaran Al-Qur’an menggunakan Metode Ummi untuk mengetahui peningkatan bacaan Al-Qur’an yang dialami siswa kelas III di SDIT Insan Utama Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SDIT Insan Utama Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Metode Ummi di SDIT Insan Utama telah berlangsung selama kurang lebih 5 tahun, namun sekolah tersebut baru fokus dan mampu beradaptasi dengan metode tersebut sekitar 3 tahun terakhir. Pembelajaran Metode Ummi melalui 7 tahapan dengan durasi waktu 70 menit atau 2 jam pelajaran. Faktor pendukung berupa sarana dan prasarana yang memadai, SDM yang mencukupi serta adanya upgrade pekanan yang diikuti oleh seluruh pengampu. Namun faktor penghambatnya ialah kemampuan siswa yang berbeda-beda, pergantian waktu yang mengurangi waktu efektif pembelajaran dan perizinan pengampu yang secara tiba-tiba sehingga membuat tim koordinator lapangan kesulitan mencari guru pengganti. Jadi penggunaan Metode Ummi untuk siswa kelas III SDIT Insan Utama Bantul Yogyakarta masih perlu diperhatikan target pembelajarannya agar capaian pembelajarannya sesuai dengan yang diharapkan, agar keseluruhan siswa mampu mencapai target sesuai keputusan Ummi Daerah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mangun Budiyanto, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Implementasi, Metode Ummi, Upgrade
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 13:57
Last Modified: 28 Jun 2019 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35328

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum