Wulan Mazia Fuadati, NIM. 12480029 (2019) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Disusun oleh: Wulan Mazia Fuadati NIM. 12480029 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untu)
12480029_BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GLAGAHOMBO, MAGELANG SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untu)
12480029_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang, dan (3) sumbangan pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang sebanyak 30 siswa tahun Ajaran 2017-2018. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung>t tabel (3,314>2,045), signifikansi 0,003<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,519; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung>t tabel (2,228>2,045), signifikansi 0,034<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,357; dan (3) terdapat pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang, dibuktikan dari nilai F hitung>F tabel (13,971>3,35) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Hasil uji R2 sebesar 0,509; artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel disiplin belajar dan motivasi belajar sebesar 50,9%, sedangkan sisanya sebesar 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Sigit Prasetyo, M.Pd. Si., |
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI. |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 14:52 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 14:52 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35331 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |