POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DI SD MUHAMMADIYAH KLECO TERPADU KOTAGEDE YOGYAKARTA

Ika Destyawati Putri, NIM. 12480041 (2019) POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DI SD MUHAMMADIYAH KLECO TERPADU KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DI SD MUHAMMADIYAH KLECO TERPADU KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12480041_BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DI SD MUHAMMADIYAH KLECO TERPADU KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12480041_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB)

Abstract

Kepala sekolah memiliki peran yang kuat dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolahnya melalui programprogram yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Dalam pengamatan dan wawancara banyak siswa di sekolah tersebut menunjukkan pembiasaan karakter yang baik serta berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh peran guru dan seorang kepala sekolah dalam membimbingnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah : Mengetahui pola kepemimpinan kepala sekolah SD dan Mengetahui implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara dalam pola kepemimpinan kepala sekolah di SD Muhammadiyah Kleco Terpadu Kotagede. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan sumber data utama didapatkan dengan pengumpulan data berupa wawancara mendalam, teknik dokumnetasi, dan observasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah : hasil wawancara kepala sekolah, guru. Hasil penelitian yaitu: Kepemimpinan Kepala Sekolah ialah pola kepemimpinan transformasional dan karismatik. Implementasi trilogi Ki Hajar Dewantara yaitu a) Ing Ngarso Sung Tulodho ditunjukkan dengan penanaman sikap disiplin, tanggungjawab dan juga jiwa sosial yang tinggi. b) Ing Madya Mangun Karsa ditunjukkan dengan diciptakannya ruang kerja yang menyenangkan, pemberian evaluasi pembelajaran. c) Tut Wuri Handayani dapat ditunjukkan dengan pemberian saran dan prasarana yang menunjang kemajuan sekolah serta memberikan motivasi kepada para guru dan staf/ karyawan dalam kemajuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditiya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Trilogi Ki Hajar Dewantara, Pola Kepemimpinan.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 15:23
Last Modified: 28 Jun 2019 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35332

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum