IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VI DI MI DARUL QUR’AN WONOSARI SKRIPSI

Arina Manasikana, NIM. 13480120 (2019) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VI DI MI DARUL QUR’AN WONOSARI SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VI DI MI DARUL QUR’AN WONOSARI SKRIPSI)
13480120_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VI DI MI DARUL QUR’AN WONOSARI SKRIPSI)
13480120_BAB II_BAB III_BAB TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

MI Darul Qur‟an merupakan lembaga pendidikan Islam berbasis pesantren. Hal tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang nilai karakter religius. Permasalahan yang dikaji adalah: (1) Apa saja program pelaksanaan implementasi nilai pendidikan karakter religius di MI Darul Qur‟an Wonosari, (2) Bagaimana proses implementasi nilai pendidikan karakter religius di MI Darul Qur‟an Wonosari, dan (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai pendidikan karakter religius di MI Darul Qur‟an Wonosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Objek penelitian adalah nilai pendidikan karakter religius, sedangkan subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru, dan siswa. Hasil implementasi nilai pendidikan karakter religius adalah: (1)Nilai-nilai karakter religius yang terdapat di MI Darul Qur‟an antara lain: Nilai Ilahiyat, terdiri dari Nilai iman, syukur, dan sabar. Sedangkan nilai Insaniyah terdiri dari nilai Silaturahmi, Al Musawah, Al Ukhuwah, Al Tawadlu, dan Qawamiyah. (2) Faktor pendukungnya adalah: (a) Dukungan wali; b) Hubungan madrasah dengan wali terjalin harmonis; c) Unggul dalam imtaq dan tangguh dalam iptek. d) Tenaga pendidik yang berkompeten; dan e) Beberapa materi pembelajaran sudah dapat diterapkan siswa dalam keseharian. Faktor penghambatnya adalah: a) Kebutuhan sarana dan pra sarana masih kurang; b) Upaya untuk menumbuhkan kesadaran kebersihan dan keindahan madrasah masih kurang; c) Letak MI berdekatan dengan MTs dan MA yang memungkinkan siswa mudah terpengaruh dengan pergaulan usia remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, nilai pendidikan karakter religius, dan MI Darul Qur’an Wonosari
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 15:47
Last Modified: 28 Jun 2019 16:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35335

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum