PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN YOGYAKARTA

Umi Muthmainnah, NIM. 14480021 (2018) PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
14480021_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
14480021_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sekolah merupakan sarana yang secara sengaja dirancang untuk melaksanakan pendidikan. Pendidikan tidak hanya terkait dengan betambahnya ilmu pengetahuan namun harus mencangkup aspek sikap dan perilaku sehingga dapat menjadikan peserta didik sebagai manusia yang bertakwa, berilmu dan berakhalak mulia. Salah satu karakter yang penting dikembangkan adalah karakter disiplin. Pembentukan karakter disiplin sangat diperlukan, karena kedisiplinan menjadi kunci yang menunjukan karakter masyarakat modern. Peserta didik yang memiliki karakter disiplin sanggup menentukan kelakuanya sendiri sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat dan sanggup berdiri sendiri menghadapi situasi dalam hidupnya kearah kedewasaan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam melakukan pembentukan karakter kedisiplinan pada peserta didik, salah satunya adalah kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan yang berada di sekolah-sekolah swasta khususnya sekolah Muhammadiyah. Hizbul Wathan merupakan kegiatan untuk mendidik generasi muda menjadi seorang yang disiplin yang menekankan pada prinsip keislaman didalamnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, pembina Hizbul Wathan, peserta didik, dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif pasif, wawancara tersetruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penegcekan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Pembentukan karakter disiplin pada peserta didik melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Karangbendo yaitu dengan memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang sebuah aturan, menetapkan aturan melalui Janji Hizbul Wathan dan Undang- Undang Hizbul Wathan, hukuman yang mendidik, memberikan pengawasan konsep Amal Ma'ruf Nahi Mungkar, dan memberikan keteladan. (2) Hasil dari pembentukan karakter disiplin pada peserta didik melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Karangbendo yaitu, peserta didik dapat memposisikan diri dengan tertib dan rapi saat berbaris sehingga mampu menciptakan kondisi yang tertip dan kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sedya Santosa, S.S, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembentukan, Karakter, Disiplin, Ekstrakurikuler, dan Hizbul Wathan.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 15:55
Last Modified: 28 Jun 2019 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum