PENGGUNAAN MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS III C MIN 1 YOGYAKARTA

Iidani, NIM. 14480084 (2018) PENGGUNAAN MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS III C MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS III C MIN 1 YOGYAKARTA)
14480084_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS III C MIN 1 YOGYAKARTA)
14480084_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran tematik di MIN 1 Yogyakarta perlu adanya media pembelajaran yang sesuai dengan tingkat usia peserta didik. Motivasi belajar peserta didik dapat dikatakan baik apabila guru mampu membuat proses pembelajaran yang aktif menyenangkan sesuai dengan pembelajaran tematik. Salah satu media pembelajaran yang tepat untuk menumbuhkan motivasi belajar untuk tingkat kelas III adalah media lagu. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dapat ditarik tujuan penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penggunaan media lagu dalam pembelajaran tematik di kelas III C MIN 1 Yogyakarta, 2) Bagaimana penggunaan media lagu dalam pembelajaran tematik untuk menumbuhkan motivasi belajar di kelas III C MIN 1 yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah di MIN 1 Yogyakarta. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas, Peserta didik, dan Wali Peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media lagu dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan prosedur sebagai berikut: a) Orientasi Visual: (a) Peserta didik membaca teks lagu, (b) Peserta didik berlatih menyanyikan lagu, b) Orientasi Aural: (a) peserta didik mendengarkan lagu, (b) Peserta didik mengingat lagu, dan c) Orientasi Kreatif: (a) Peserta didik menampilkan lagu, dan 2) Penggunaan media lagu dapat menumbuhkan motivasi belajar dengan terlihatnya Peserta didik memiliki (a) Semangat dalam belajar, (b) Gairah yang tinggi, (c) Daya konsentrasi dalam belajar, (d) Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, (e) Rasa percaya diri, dan (f) Daya juang dalam berkompetisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd, Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Lagu, Pembelajaran Tematik, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 01 Jul 2019 08:37
Last Modified: 01 Jul 2019 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum