PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN

Artika Al Arqomi, NIM. 14480116 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN)
14480116_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN)
14480116_BAB II_III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB)

Abstract

Peserta didik kelas IV SDIT Salsabila 2 Klaseman mengalami kesulitan pada pembelajaran matematika pecahan dalam bentuk soal cerita. Di samping itu kecenderungan guru dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar yaitu menggunakan metode ceramah dan penugasan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika, (2) Mengetahui besar sumbangan pengaruh model kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 29 dengan teknik sampel jenuh dimana seluruh popuasi dijadikan sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan tes uraian. Uji prasyarat menggunakan normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan statistik parametrik yaitu uji t (Paired Samples Correlations) dan r2. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh kemampuan menyelesaiakan soal cerita matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, hal ini dibuktikan dengan uji t diperoleh nilai sig 0,000 yang artinya Ha diterima sehingga ada pengaruh antara pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan kemampuan menyelesaiakan soal cerita, 2) Besarnya sumbangan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika sebesar 0,164 artinya tergolong berefek sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, S. Pd. I, M. Pd. Si.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe CIRC, Soal Cerita, Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 01 Jul 2019 08:43
Last Modified: 01 Jul 2019 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum