PROFIL DAN KINERJA USAHA MINDRING DI SEKTOR INFORMAL (Studi Terhadap Perantau Kuningan di Pandean VII Sidoluhur Godean Sleman Yogyakarta) SKRIPSI

Ipah Susepah, NIM. 14230005 (2018) PROFIL DAN KINERJA USAHA MINDRING DI SEKTOR INFORMAL (Studi Terhadap Perantau Kuningan di Pandean VII Sidoluhur Godean Sleman Yogyakarta) SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFIL DAN KINERJA USAHA MINDRING DI SEKTOR INFORMAL (Studi Terhadap Perantau Kuningan di Pandean VII Sidoluhur Godean Sleman Yogyakarta) SKRIPSI)
14230005_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (847kB) | Preview
[img] Text (PROFIL DAN KINERJA USAHA MINDRING DI SEKTOR INFORMAL (Studi Terhadap Perantau Kuningan di Pandean VII Sidoluhur Godean Sleman Yogyakarta) SKRIPSI)
14230005_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan profil dan kinerja usaha minding di sektor informal terhadap perantau Kuningan di Pandean VII Sidoluhur Godean. Metode penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik purposive yang berdasarkan kriteria. Selain itu, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dapat dilihat validitas datanya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode dan teori, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil usaha mindring dapat dilihat dari ide awal berdirinya usaha, jenis usaha, sistem permodalan, sistem pemasaran dan sistem keuntungan. Ide awal berdirinya usaha mindring ini berasal dari relasi bisnis keluarga dan teman. Usaha mindring ini merupakan jenis usaha yang menjual alat-alat rumah tangga seperti pecah belah, elektronik, kebutuhan sandang maupun kebutuhan lainnya dengan sistem pembayaran mengangsur atau kredit.Kredit yang dilakukan yaitu dengan sistem kredit penjualan memakai pasaran jawa seperti pahing, pon, wage, kliwon dan legi. Memulai usaha mindring ini membutuhkan modal awal yang tidak terlalu besar karena modal awal itu akan berkembang dan berjalan seiring dengan banyaknya pelanggan dan permintaan barang dari konsumen. Pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha mindring ini yaitu mereka berkeliling ke kampung-kampung dengan membawa barang yang mau dijual ke konsumen. Dan keuntungan yang didapat dari satu produk barang tersebut sebesar 50 persen. Sedangkan kinerja usaha mindring dapat dilihat dari kualitas, kuantitas, waktu, efektifitas biaya, pengawasan dan dampak interpersonal. Usaha mindring ini dapat dilihat dari proses yang sangat panjang mulai dari awal berdirinya usaha sampai sekarang masih berjalan. Dari proses panjang tersebut ada hasil yang telah mereka capai, hasil itu berupa uang, tanah, sawah, kebun, rumah dan investasi lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aziz Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Profil, Kinerja, usaha mindring di sektor informal.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jul 2019 08:30
Last Modified: 02 Jul 2019 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35359

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum