PENGARUH CORPORATE HEDGING TERHADAP COST OF DEBT & RETURN SAHAM (STUDI KASUS PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2013 – 2017)

FATHUL HARIS ROHADI, NIM. 14830002 (2018) PENGARUH CORPORATE HEDGING TERHADAP COST OF DEBT & RETURN SAHAM (STUDI KASUS PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2013 – 2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH CORPORATE HEDGING TERHADAP COST OF DEBT & RETURN SAHAM (STUDI KASUS PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2013 – 2017))
14830002_BAB I_BAB V-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH CORPORATE HEDGING TERHADAP COST OF DEBT & RETURN SAHAM (STUDI KASUS PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2013 – 2017))
14830002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berlangsungnya era globalisasi yang ditandai dengan adanya perdagangan bebas, akan membawa dampak ketidakpastian bagi perekonomian Indonesia. Ketidakpastian tersebut meliputi fluktuasi nilai tukar, suku bunga, dan harga komoditas. Hal tersebut tentu akan menimbulkan risiko, termasuk risiko finansial yang dapat meningkatkan cost of debt dan Return Saham perusahaan sebagai premi risiko untuk investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hedging yang dihitung menggunakan variabel Dummy terhadap Cost of Debt yang diproksikan dengan Yield Spread dan Return Saham yang sebagai variabel dependen. Selain itu, Credit Rating, Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan digunakan sebagai variabel kontrol dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan adalah Seluruh perusahaan yang menerbitkan obligasi dan terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode tahun 2013-2017. Hasil regresi data panel menunjukkan bahwa hedging berpengaruh negatif signifikan terhadap cost of debt. credit rating tidak berpengaruh terhadap cost of debt. Leverage berpengaruh positif signifikan terhadap cost of debt. Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap cost of debt. Firm Size berpengaruh negatif signifikan terhadap Cost of Debt. Hedging menurunkan cost of debt melalui penurunan biaya kebangkrutan, biaya agensi, dan asimetri informasi. Sehingga perusahaan yang menggunakan hedging akan memiliki cost of debt yang lebih rendah dibandingkan bukan pengguna. Serta hasil regresi data panel menunjukkan bahwa hedging berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. credit rating tidak berpengaruh terhadap return saham. Leverage berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Firm Size berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Cost of Debt. Hedging menaikkan return yang di terima investor sehingga perusahaan yang melakukan hedging akan menghasilkan nilai return yang besar daripada perusahaan yang tidak melakukan kebijakan hedging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Nuriyah Solissa., SHI, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hedging, Cost of Debt, Return Saham, Default Risk
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jul 2019 09:22
Last Modified: 02 Jul 2019 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35367

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum