ANALISIS PENGARUH PREMI, HASIL INVESTASI, KLAIM, DANA TABARRU’ DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2013-2017

BAGAS TRI ATMAJA, NIM. 15830033 (2018) ANALISIS PENGARUH PREMI, HASIL INVESTASI, KLAIM, DANA TABARRU’ DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2013-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH PREMI, HASIL INVESTASI, KLAIM, DANA TABARRU’ DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2013-2017)
15830033_BAB 1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH PREMI, HASIL INVESTASI, KLAIM, DANA TABARRU’ DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2013-2017)
15830033_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dan peningkatan terhadap penggunaan asuransi dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Perkembangan ini dapat dilihat dari merebaknya persaingan antar perusahaan jasa asuransi. Dengan tingkat pertumbuhan aset asuransi syariah yang masih fluktuatif, hal ini menandakan terdapat suatu permasalahan pada instrument keuangan berbasis syariah. Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan keuangan berbasis syariah, baik itu faktor internal maupun eksternal. Untuk melihat kondisi internal, perusahaan merujuk kepada kinerja perusahaan itu sendiri, diantaranya seperti variabel yang akan diteliti pada penelitian ini, yaitu premi, hasil investasi, Klaim, dana tabarru’ dan biaya operasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat hubungan terhadap variabel-variabel penelitian (premi, hasil investasi, klaim, dana tabarru’ dan biaya operasional) tersebut terhadap pertumbuhan aset asuransi syariah di Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dimana desain penelitian ini termasuk pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan umum asuransi syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan pada tahun 2017. Sedangkan sampelnya adalah 12 perusahaan asuransi umum syariah dengan metode pemilihan sampel menggunakn teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisi data panel, Uji F, Uji T, dan Uji R2. Adapun hasil penelitian secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan aset asuransi syariah. Sedangkan secara parsial, variabel dana tabarru’ dan Biaya Operasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan aset. Variabel premi dan klaim berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan aset. Sedangkan variabel hasil investasi berpengaaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumuhan aset.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhfiatun, S.E.I., M.E.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Premi, Hasil Investasi, Klaim, Dana Tabarru, Biaya Operasional, dan Pertumbuhan Aset.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jul 2019 10:03
Last Modified: 02 Jul 2019 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35373

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum