PESAN ENVIRONMENTALISME DALAM FILM ANIMASI (Analisis Naratif Pada Film Animasi Nausicaä of The Valley of The Wind)

Angga Saputra, NIM. 14730077 (2018) PESAN ENVIRONMENTALISME DALAM FILM ANIMASI (Analisis Naratif Pada Film Animasi Nausicaä of The Valley of The Wind). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN ENVIRONMENTALISME DALAM FILM ANIMASI (Analisis Naratif Pada Film Animasi Nausicaä of The Valley of The Wind))
14730077_BAB-1_BAB-4_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PESAN ENVIRONMENTALISME DALAM FILM ANIMASI (Analisis Naratif Pada Film Animasi Nausicaä of The Valley of The Wind))
14730077_BAB-2_BAB-3_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (886kB)

Abstract

Sisi gelap dari kemajuan industri dewasa ini adalah munculnya kerusakan lingkungan yang mengancam kehidupan manusia. Sebagai negara industri yang maju selepas Perang Dunia Kedua, Jepang tidak luput dari permasalahan tersebut. Contoh kasus yang paling parah adalah Pencemaran di Teluk Minamata pada dekade 50an. Pada akhir pertengahan abad ke-20 gerakan environmentalisme muncul sebagai. Pada tahun 1984, Hayao Miyazaki melalui film animasinya yang berjudul Nausicaä of The Valley of The Wind mencoba memasukkan pesan-pesan environmentalisme. Penelitian ini mencoba mengungkap bagaimana pesan mengenai environmentalisme dikonstruksikan dalam film animasi tersebut. Dengan menggunakan metode Analisis Naratif model Tzvetan Todorov, peneliti mencoba membedah pesan-pesan environmentalisme yang ada dalam film ini dengan melihat struktur narasinya. Hasilnya, penulis melihat banyak sekali pesan-pesan environmentalisme yang disisipkan oleh Hayao Miyazaki dalam film ini, baik pada alur awal, alur tengah, maupun alur akhir sesuai dengan pembagian narasi Model Todorov.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lukman Nusa, M.I.Kom.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Environmentalisme, Analisis Naratif, Tzvetan Todorov, Nausicaä of The Valley of The Wind, Film Animasi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jul 2019 14:27
Last Modified: 02 Jul 2019 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35395

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum