REGULASI DIRI PECANDU NARKOTIKA DI PESANTREN AL-QODIR CANGKRINGAN MELALUI PENDEKATAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Mohamad Abdul Azis, S.Sos.I, NIM. 1520311098 (2018) REGULASI DIRI PECANDU NARKOTIKA DI PESANTREN AL-QODIR CANGKRINGAN MELALUI PENDEKATAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REGULASI DIRI PECANDU NARKOTIKA DI PESANTREN AL-QODIR CANGKRINGAN MELALUI PENDEKATAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM)
1520311098 BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REGULASI DIRI PECANDU NARKOTIKA DI PESANTREN AL-QODIR CANGKRINGAN MELALUI PENDEKATAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM)
1520311098 BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Latar belakang Penelitian ini adalah Pemerintah Indonesia telah melakukan bebagai cara dalam upaya pemberantasan narkoba yakni dengan diterbitkannya UU No. 35 Th. 2009 tentang narkotika, dibentuknya Badan Khusus Pemberantasan Narkoba (BNN) dan juga instruksi Presiden No. 12 Tahun 2011 tentang pelaksanaan JAKSTRANAS bidang P4GN (Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) tahun 2011-2015 yang mendorong segenap elemen bangsa, pemerintah pusat dan di daerah, dan masyarakat untuk lebih aktif dan agresif lagi dalam memerangi kejahatan narkoba. Masalah ketergantungan terhadap narkoba muncul akhibat tidak bisanya diri individu bersikap disiplin dan kontrol atas dirinya sendiri, untuk melakukan rehabilitasi (penyembuhan) perlu adanya bimbingan dan konseling yang merupakan salah satu solusi bagi pecandu narkotika. Pesantren selain tempat belajar agama juga sebagai tempat untuk rehabilitasi bagi pecandu narkotika agar mendapat kesembuhan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki fenomena sosial dan masalah manusia yang menekankan pada makna realita. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti memakai langkah-langkah Memeriksa data-data yang sudah terkumpul berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian untuk pengabsahan data peneliti melakukan pengecekan terhadap data dan penafsirannya dengan cara membandingkannya dengan data yang diperoleh dari sumber lain. Hasil penelitian ini menunjukkan : Proses Regulasi diri Proses regulasi diri pada kedua subjek dijalani dengan penuh kesabaran, meskipun kedua subjek merasa berat dalam menjalaninya agar mendapatkan kesembuhan atas kecanduan yang dialami melalui proses regulasi dalam dirinya. Pendekatan Bimbingan Konseling Islam Pada Pecandu Narkotika yang dipakai di Pesanren Al-Qodir sangat berbeda dengan Bimbingan dan Konseling di Pesantren-pesantren lain, yaitu mereka harus mampu melewati tiga tahapan selama di pesantren agar bisa dikatakan sembuh yaitu merasa nyaman, mampu bersosial, dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Hamdan daulay, M.Si, M.A,
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 09:10
Last Modified: 03 Jul 2019 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum