TEKNIK REFRAMING BERBASIS TAWAKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM LANSIA (Study Eksperimen di Wisma Kasepuhan Wahyun Asror Yogyakarta)

Neni Nuryati, S.Sos.I., NIM. 1620310024 (2018) TEKNIK REFRAMING BERBASIS TAWAKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM LANSIA (Study Eksperimen di Wisma Kasepuhan Wahyun Asror Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEKNIK REFRAMING BERBASIS TAWAKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM LANSIA (Study Eksperimen di Wisma Kasepuhan Wahyun Asror Yogyakarta))
1620310024_BAB I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TEKNIK REFRAMING BERBASIS TAWAKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM LANSIA (Study Eksperimen di Wisma Kasepuhan Wahyun Asror Yogyakarta))
1620310024_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang peningkatan jumlah lansia dengan harga diri yang rendah, sementara teknik reframing belum mencapai proses labelisasi terhadap lansia, perlu kajian tentang teknik reframing berbasis nilai-nilai Islam untuk meningkatkan self esteem lansia. Menurut observasi yang dilakukan oleh peneliti di wisma kasepuhan Wahyun Asror banyak lansia yang memiliki self esteem rendah akibat dari menurunnya fungsi fisik dan psikisnya dan kurangnya penerimaan terhadap takdir Allah. Tujuan dari penelitian ini yaitu peneliti mengadakan konseling dengan teknik reframing untuk meningkatkan self esteem lansia. Karena dengan teknik reframing ini secara langsung konseli diajak untuk membingkai ulang persepsi negatif menjadi persepsi positif yang dikolaborasikan dengan konsep tawakal. Adapun prosedur dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian pra eksperimen. Subjek penelitian 7 lansia yang ditentukan dengan purposive sampling. Analisis penelitian menggunakan uji wilcoxon signed ranks test yang mengukur perubahan kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan trearment. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa konseling dengan teknik sreframing ini dapat meningkatkan self esteem lansia, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji beda wilcoxon signed ranks test dengan bantuan SPSS versi 19 yaitu sebesar -2,207 dengan p value sebesar 0,027 (< 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurjannah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Self Esteem, Reframing, Tawakal
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 09:48
Last Modified: 03 Jul 2019 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum