PENGARUH OBYEK WISATA, EKONOMI DAN PERAN PEMERINTAH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pelaku Usaha di Kawasan Wisata Malioboro Yogyakarta)

Sulaiman Efendi Siregar, NIM. 1620310035 (2018) PENGARUH OBYEK WISATA, EKONOMI DAN PERAN PEMERINTAH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pelaku Usaha di Kawasan Wisata Malioboro Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH OBYEK WISATA, EKONOMI DAN PERAN PEMERINTAH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pelaku Usaha di Kawasan Wisata Malioboro Yogyakarta))
1620310035_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH OBYEK WISATA, EKONOMI DAN PERAN PEMERINTAH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pelaku Usaha di Kawasan Wisata Malioboro Yogyakarta))
1620310035_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh keberadaan obyek wisata terhadap kesejahteraan masyarakat yang diukur dengan variabel ekonomi, variabel sosial dan variabel peran pemerintah terutama masyarakat pelaku usaha di kawasan wisata Malioboro. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang bekerja sebagai pedagang, Jasa becak dan andong. Selain itu, juga digunakan metode dokumentasi yang di dapatkan dari pihak terkait seperti dinas pariwisata dan BPS kota Yogyakarta dan yang lainnya. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 100 responden. Data dianalisis dengan Anova Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ekonomi, sosial dan peran pemerintah berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat pelaku usaha di kawasan wisata. Secara simultan variabel ekonomi, sosial dan peran pemerintah berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat dengan tingkat signifikansi F sebesar 0,000, sedangkan secara parsial variabel ekonomi berpengaruh positif sebesar 0,939 dengan tingkat signifikan t sebesar 0,000 dan variabel sosial berpengaruh negatif sebesar -0,167 dengan tingkat signifikan t sebesar 0,010 serta variabel peran pemerintah berpengaruh negatif sebesar -0,167 dengan tingkat signifikan t sebesar 0,010.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pariwisata, ekonomi, sosial, peran Pemerintah, Kesejahteraan Masyarakat.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 10:23
Last Modified: 03 Jul 2019 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35412

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum