KONSELING TRAUMATIK (Studi Pada Korban Trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Lembaga Rehabilitasi Sosial BPRSW Yogyakarta.)

WINDI KARINA, NIM. 1620310056 (2018) KONSELING TRAUMATIK (Studi Pada Korban Trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Lembaga Rehabilitasi Sosial BPRSW Yogyakarta.). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING TRAUMATIK (Studi Pada Korban Trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Lembaga Rehabilitasi Sosial BPRSW Yogyakarta.))
1620310056_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSELING TRAUMATIK (Studi Pada Korban Trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Lembaga Rehabilitasi Sosial BPRSW Yogyakarta.))
1620310056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “KONSELING TRAUMATIK (Studi Pada Korban Trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Lembaga Rehabilitasi Sosial BPRSW Yogyakarta.)”. Beberapa penelitian konseling traumatik sebelumnya masih menyisakan kesenjangan jika dilihat dari data KDRT setiap tahunnya semakin meningkat hal inilah yang menyebabkan perempuan trauma KDRT semakin meningkat. Namun sesuai data yang di paparkan oleh penulis konseling traumatik yang diberikan oleh beberapa lembaga belum optimal karena tidak cukup hanya sebatas membangun kepercayaan, tahap pemuliham dan tahap terminasi, kemudian penulis disini menawarkan terapi tambahan yaitu tahap rekonstruksi agar pada akhirnya para korban mendapatkan konseling traumatik yang bermakna dan komprehensif. Tujuan koseling traumatik ini untuk mengurangi trauma pada perempuan korban KDRT di Lembaga Rehabilitasi Sosial BPRSW Yogyakarta serta mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat konseling traumatik di dalam mengurangi trauma pada Perempuan Korban KDRT di BPRSW Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian, Tahap awal, a) Membangun kepercayaan serta releksasi, b) Memperjelas dan mendefinsikan masalah trauma, c) menghidupkan kembali rutinitas kearifan lokal. Tahap pemuliahan, a) Mendiskusikan terhadap klien penyebab terjadinya trauma, b) Mengkomunikasikan terhadap klien efek trauma atau sikap yang dihadapinnya saat ini agar mampu menangani jika berulang kembali, c) Memberikan bantuan yang seperti bantuan psikologis, bantuan hukum, bantuan medis, memberikan kepercayaan diri . Tahap pemulihan akhir, Mengurangi kecemasan klien dan melebarkan jangkauan layanan untuk mengidentifikasi yang membutuhkan pertolongan lanjut seperti alih tangankan kasus. Tahap Rekonstruksi, Memberikan layanan serta pengetahuan dan pembekalan terhadap klien dan teman-teman asramanya serta pengurus asrama guna pertolongan pertama dalam mengatasi klien. Faktor Pendukung, a) BPRSW bekerja sama dalam tindak lanjut terhadap kepolisian, rujukan ke rumah sakit, dan kebutuhan tes psikologi, b) Konselor Psikolog sangat fleksibel, c) Penambahan tahap rekonstruksi pada konseling trumatik, guna pertolongan pertama para klien trauma jika berulang kembali, d) Konselor psikolog memiliki keseimbangan antara empati,tegas, serta spiritualitas. Faktor Penghambat, a) Konselor psikolog kurang memiliki data tentang kelemahan kepribadian klien sebelum menderita trauma, b) Konselor tidak melaksanaakan kontrak dalam proses konseling, konselor tidak dapat mengontrol keinginan klien untuk kembali terhadap suaminya karena alasan cinta dan anak, tetapi disatu sisi hal ini akan mengulangi trauma yang dialaminya, c) Konselor tidak dapat memaksakan kepolisian untuk menindak lanjuti hukuman terhadap pelaku kriminal yang dilakukan oleh suami korban KDRT, karena korban merasa pelaku adalah ayah dari anak mereka, sehingga hal ini menghambat proses penyelesaian

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro’fah, M.A., Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konseling Traumatik
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 10:54
Last Modified: 03 Jul 2019 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35417

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum