EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA (Studi Eksperimen Kelas VIII SMP Negeri 3 Delanggu Klaten)

Amani, S.Sos.I, NIM. 1620311023 (2018) EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA (Studi Eksperimen Kelas VIII SMP Negeri 3 Delanggu Klaten). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA (Studi Eksperimen Kelas VIII SMP Negeri 3 Delanggu Klaten))
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA (Studi Eksperimen Kelas VIII SMP Negeri 3 Delanggu Klaten))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (542kB)

Abstract

Empati merupakan suatu aktivitas untuk memahami apa yang sedang dipikirkan dan dirasakan orang lain, serta apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh yang bersangkutan terhadap kondisi yang sedang dialami orang lain, tanpa yang bersangkutan kehilangan kontrol dirinya. Seseorang yang memiliki empati yang tinggi maka akan mampu menerima sudut pandang orang lain, memiliki kepekaan terhadap orang lain, mampu mendengarkan orang lain, tidak egois dan individual. CBT sebagai pendekatan yang ditawarkan untuk meningkatkan empati seseorang, yaitu mengubah pikiran otomatis negatif dan keyakinan negatif menjadi pikiran dan keyakinan yang positif, agar individu dapat memahami setiap peristiwa yang dialami yang dapat menimbulkan pikiran negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk meningkatkan empati siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen model one group pretest and posttest yang melibatkan 7 siswa kelas VIII di SMP N Delanggu Klaten yang dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Pengukuran dilakukan dengan alat ukur psikologi yaitu skala empati. Analisis data menggunakan uji beda wilcoxon signed rank test diperoleh hasil dengan nilai signifikan 0,018 < 0,05 dengan Z= -2.371. ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan empati siswa sebelum dan sesudah pemberian konseling, sedangkan hasil mean sebesar 91.57 menjadi 128.57, ini juga menunjukkan selisih skor antara sebelum dan sesudah diberikan treatment. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa konseling cognitive behavior therapy (CBT) dapat meningkatkan empati siswa kelas VIII SMP N 3 Delanggu Klaten. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti dalam penelitian ini diterima atau terbukti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latipah,S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Cognitive Behavior Therapy, Empati
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 13:41
Last Modified: 03 Jul 2019 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum