PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, GROWTH, SIZE DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO: MENGGUNAKAN VARIABEL INTERVENING PROFITABILTAS

Nurani Puspa Ningrum, NIM. 1620311050 (2018) PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, GROWTH, SIZE DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO: MENGGUNAKAN VARIABEL INTERVENING PROFITABILTAS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, GROWTH, SIZE DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO: MENGGUNAKAN VARIABEL INTERVENING PROFITABILTAS)
1620311050_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, GROWTH, SIZE DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO: MENGGUNAKAN VARIABEL INTERVENING PROFITABILTAS)
1620311050_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kebijakan dividen merupakan keputusan untuk menentukan besarnya bagian pendapatan yang dibagikan pada pemegang saham dan besarnya bagian pendapatan yang ditahan untuk kepentingan perusahaan, maka dari itu kebijakan divden menjadi salah satu kebijakan keuangan yang penting dalam suatu perusahaan. Dividen di sini dihitung menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR). Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan leverage yang diukur dengan DAR (Debt to Total Assets), likuiditas yang diukur dengan CR (Current Ratio), pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial terhadap kebijakan dividen yang terdapat di Indeks Saham Syariah Indonesia, dan menguji pengaruh profitabilitas yang diukur dengan ROE (Return on Equity Ratio) sebagai variabel intervening dalam hubungan tersebut. Jenis penelitian ini yaitu explanatory research, dimana penelitian ini dilakukan dengan menekankan pengujian pada teori menggunakan pengukuran variabel secara kuantitatif, melalui prosedur statistika. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dari tahun 2012- 2016 dan didapatkan total sampel sebanyak 115. Analisis Sobel digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas (ROE) mampu mengintervening hubungan antara likuiditas, growth, dan size terhadap DPR, namun profitabilitas (ROE) tidak mampu mengintervening hubungan antara leverage dan kepemilikan manajerial terhadap DPR.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, S.E., M.Si., Akt. CA.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Leverage, Likuiditas, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas, dan Kebiajakn Dividen.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 14:48
Last Modified: 03 Jul 2019 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum