LESTARI WILUJENG - NIM. 05410162, (2010) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS VIII MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS VIII MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS VIII MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (993kB) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
Abstract
Proses pembelajaran Fiqh di MTs LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada umumnya hanya menekankan pada pencapaian kurikulum dan penyampaian tekstual semata daripada mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Metode yang dipakai oleh guru selama ini lebih banyak menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipasi dari siswa. Akibatnya siswa kurang kreatif dan malas berfikir sehingga menyebabkan nilai-nilai yang diperoleh rendah. Guru merasa prihatin dan ingin memperbaiki keadaan tersebut dengan mencobakan suatu model pembelajaran baru yaitu Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif, yaitu menghitung data dengan angka, kemudian menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan: (1) Prestasi belajar siswa kelas VIII A dalam pembelajaran Fiqh sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) rendah, ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 44,82 (2) Prestasi belajar siswa kelas VIII A dalam pembelajaran Fiqh setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) meningkat, ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 70,24 dan siklus II sebesar 81,56. (3) Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II, prestasi belajar siswa kelas VIII A MTs LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengalami peningkatan yang signifikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Dra. Hj.Sri Sumarni,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament (TGT) |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 19:20 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 19:21 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3544 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |