RESPON MUHAMMADIYAH TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN DAN UMUM DI KECAMATAN PAKEM SLEMAN DIY TAHUN 1965-1978

Insan Yudha Pranata, NIM. 15120085 (2019) RESPON MUHAMMADIYAH TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN DAN UMUM DI KECAMATAN PAKEM SLEMAN DIY TAHUN 1965-1978. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON MUHAMMADIYAH TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN DAN UMUM DI KECAMATAN PAKEM SLEMAN DIY TAHUN 1965-1978)
15120085_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RESPON MUHAMMADIYAH TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN DAN UMUM DI KECAMATAN PAKEM SLEMAN DIY TAHUN 1965-1978)
15120085_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

dikenal masyarakat sebagai organisasi penyedia fasilitas pendidikan Islam. Kemunculannya pada 1964 mulai diketahui masyarakat dengan didirikannya amal usaha pertama yaitu sekolah. Dalam skripsi ini akan dibahas respon Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Pakem terhadap lembaga pendidikan Kristen dan umun di Kecamatan Pakem pada 1965-1978. Fokus pembahasan dalam skripsi ini adalah 1) Pergumulan ideologi lembaga pendidikan Kristen, umum, dan Islam, 2) Lembaga pendidikan Kristen dan umum di Pakem, dan 3) Respon Muhammadiyah. Hal menarik pada penelitian ini adalah pergumulan ideologi yang dituangkan dalam persaingan pendidikan yang mengindikasikan adanya kemajuan berfikir dalam penerapan ideologi. Teori yang digunakan adalah konflik yang dikemukakan oleh Ralf Dahrendorf, bahwa dalam kenyataan masyarakat pasti terdapat perbedaan kepentingan yang disebabkan perbedaan wewenang antara individu/kelompok. Pendekatan yang digunakan adalah sosiologi kekuasaan model pluralis. Pendekatan ini mengakui adanya konflik karena perbedaan kepentingan dalam sebuah masyarakat majemuk. Perbedaan kepentingan yang menimbulkan konflik ini dianggap sebagai sesuatu yang wajar dan bagian dari proses dialog sosial. Metode yang digunakan adalah metode sejarah dengan langkah heurustik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Selama kurun waktu 1965-1978 Muhammadiyah Cabang Pakem berhasil menyediakan pendidikan berbasis agama Islam untuk mengalihkan masyarakat dari pendidikan Kristen dan umum ke pendidikan Islam. Pola pikir peserta didik mengenai pragmatisme pendidikan untuk mencari pekerjaan juga diubah perlahan dengan pemahaman bahwa pendidikan keIslaman juga penting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sujadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Respon Muhammadiyah, Sekolah (Muhammadiyah, Kristen, dan Umum), Konflik Ideologi Pendidikan.
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2019 09:48
Last Modified: 04 Jul 2019 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35457

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum