KIAI NGISOMUDDIN: STUDI TENTANG PERANNYA MENGEMBANGKAN ISLAM DI DESA KEMUKUS, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN, PROVINSI JAWA TENGAH (1950-1973 M.)

Zulaicha, NIM. 15120088 (2019) KIAI NGISOMUDDIN: STUDI TENTANG PERANNYA MENGEMBANGKAN ISLAM DI DESA KEMUKUS, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN, PROVINSI JAWA TENGAH (1950-1973 M.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KIAI NGISOMUDDIN: STUDI TENTANG PERANNYA MENGEMBANGKAN ISLAM DI DESA KEMUKUS, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN, PROVINSI JAWA TENGAH (1950-1973 M.))
15120088_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KIAI NGISOMUDDIN: STUDI TENTANG PERANNYA MENGEMBANGKAN ISLAM DI DESA KEMUKUS, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN, PROVINSI JAWA TENGAH (1950-1973 M.))
15120088_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Peneliti tertarik membahas Kiai. Ngisomuddin karena perannya kepada warga Desa Kemukus. Keadaan masyarakat Desa Kemukus yang saat itu masih awam akan pengetahuan agama Islam, tentunya sangat membutuhkan sosok tokoh ulama yang mampu mengajarkan ilmunya kepada mereka. Agama Islam di Desa Kemukus mayoritas masih terpengaruh dengan budaya kejawen, yakni Islam yang masih melakukan tradisi-tradisi ritual kuno. Selain itu masyarakat juga terpengaruh budaya barat, yakni mereka lebih suka bersenang-senang dan banyak melakukan kemaksiatan. Dari keadaan demikian, Kiai Ngisomuddin mampu mengubah desa yang semula jauh dari pengamalan ajaran-ajaran Islam menjadi desa yang religius. Oleh karena itu peneliti mengacu pada rumusan masalah yakni: bagaimana kondisi sosial keagamaan masyarakat Desa Kemukus, latar belakang tokoh, dan peranan Kiai Ngisomuddin di desa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis untuk menjelaskan aktivitas Kiai Ngisomuddin dalam mengembangkan Islam di Desa Kemukus. Selain itu, untuk lebih mendukung penelitian ini terhadap kontribusi Kiai Ngisomuddin, peneliti juga memaparkan teori peranan (role) yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto. Teori peranan menurut Soerjono Soekanto ialah apabila seseorang melakukan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, sesuai dengan peranan Kiai Ngisomuddin di dalam masyarakat Desa Kemukus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian historis. Adapun metode tersebut melalui beberapa tahap yaitu: heuristik (pengumpulan data), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (menganalisis data), dan historiografi (penulisan sejarah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Mundzirin Yusuf, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kiai Ngisomuddin, peran
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2019 10:03
Last Modified: 04 Jul 2019 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35458

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum